Bandung (ANTARA News) - Walau masalah yang diurusi sehari-hari sangat serius, yaitu keuangan negara, namun Menteri Keuangan, Sri Mulyani, masih bisa meluangkan waktu dan memenuhi tantangan menjadi patung selama beberapa saat (mannequin challenge). 

Tantangan menjadi patung sementara waktu ini --betul-betul diam tidak bergerak sama sekali-- menjadi viral di mana-mana sejak sekelompok siswa di Amerika Serikat mengunggah video mannequin challenge mereka di YouTube. 

Bahkan, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama, juga turut dalam adegan-adegan mematung (tahan nafas kalau perlu) bersama staf kepresidenan Gedung Putih. 

Mulyani sejenak menjadi "patung" seusai memberikan kuliah umum bertema "Kenali Anggaran Negeri", di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, Bandung, Selasa. 

Bersama semua pembicara dan moderator, perempuan yang selalu bisa menjadi magnet bagi wartawan ini sejenak mematung di podium, pun demikian halnya seluruh peserta dan undangan kuliah umum itu. Tidak kurang wartawan-wartawan yang meliput aktivitas itu; turut dalam tantangan mematung sejenak itu. Seru. 

Adapun yang menjadi dokumentator adalah seorang pegawai Kementerian Keuangan.

Namun kehadiran Mulyani dalam tantangan mematung sementara itu bukan tanpa pesan, karena tangan kanannya memegang papan bertuliskan #sadarAPBN, sedangkan tangan kirinya diangkat ke atas kepala menunjuk ke papan itu.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016