Jakarta (ANTARA News) - Perkembangan olahraga cricket di Indonesia mendapatkan apresiasi dari salah satu legenda cricket dunia, Farokh Engineer mengingat cabang olahraga asal Inggris ini belum begitu familiar dengan masyarakat Indonesia yang lebih kenal dengan bulu tangkis.

"Memang benar. Farokh Engineer sangat mengapresiasi perkembangan criket di Indonesia. Beliau juga berkomitmen untuk mempromosikan serta membangun cricket di Indonesia," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Aziz Syamsuddin dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, kehadiran Farokh Engineer di Indonesia diharapkan mampu menginspirasi dan memberikan semangat kepada atlet-atlet Indonesia guna bersaing dikancah pertandingan internasional. Apalagi cricket akan pertama kali dipertandingkan pada SEA Games 2017 di Malaysia.

Saat ini timnas cricket masih berjuang untuk mendapatkan tiket ke kejuaraan dua tahunan itu. Tiket tersebut berasal dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yang merupakan regulator cabang mana saja yang bakal dikirim ke Malaysia.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga bakal menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan cricket merupakan salah satu cabang olahraga yang bakal dipertandingkan. Dengan demikian, kesempatan tersebut harus bisa dimaksimalkan yang salah satunya dengan menyiapkan tim terbaik.

Pria yang juga seorang politisi itu menambahkan, pria yang juga mantan kapten timnas cricket India itu juga menaruh perhatian khusus terhadap timnas Indonesia yang baru saja menjalani pertandingan ujicoba internasional melawan Korea Selatan dan Malaysia.

"Intinya beliau memberikan apresiasi pada atlet cricket Indonesia. Bahkan, Farokh juga akan melaporkan perkembangan criket di Indonesia itu ke ICC (International Cricket Council)," kata Aziz Syamsuddin, menegaskan.

Farokh Engineer datang ke Indonesia tidak hanya memberi motivasi bagi atlet Indonesia, namun juga terlibat langsung dalam "Gala Dinner" dan malam penghargaan peserta Liga Cricket. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Sekjen PCI Abhiram S Yadav dan Ketua JCA Avakash Lohia.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016