... ingin Jakarta menjadi kita berbasis perairan, menghadap ke sungai itu indah sekali kalau airnya bersih mengalir secara baik...
Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Yudhoyono, ingin mengembangkan ekowisata Sungai Ciliwung dan memperkenalkan budaya Betawi.

"Kami ingin membangun ekowisata dengan cara sederhana yang akan baik dan memperkenalkan budaya Jakarta dan Betawi," ujar dia, usai menyusuri Sungai Ciliwung dari Kemuning, Pejaten Timur, Jakarta Selatan, menuju Bidara Cina, Jakarta Timur, Rabu.

Untuk mewujudkan ekowisata, tutur calon gubernur nomor urut 1 itu, Sungai Ciliwung harus dibersihkan terlebih dahulu dan diperkuat infrastruktur di sekitarnya.

Ia menuturkan itu sesuai program ramah lingkungan yang dia gagas, yakni merevitalisasi, penghijauan, membuat tetap asri lingkungan hidup serta mendorong daya tarik tersendiri untuk warga Jakarta dan juga wisatawan.

Dia juga ingin membuat Sungai Ciliwung menjadi halaman depan rumah warga dengan kondisi air yang bersih, kapasitas terukur dan operasionalisasi wahana transportasi.

"Kami ingin Jakarta menjadi kita berbasis perairan, menghadap ke sungai itu indah sekali kalau airnya bersih mengalir secara baik," kata Agus, yang oleh satu institusi survei belakangan ini dinyatakan elektabilitasnya mengalahkan pasangan nomor urut 2, Basuki Purnama-Djarot Hidayat. 

Selain itu, ia juga berharap sampah-sampah dapat diolah secara kecil-kecilan dalam bentuk usaha mikro dengan bantuan modal untuk mengembangkan lebih luas lagi.

Selanjutnya, warga dapat mengolah sampah menjadi barang yang memiliki nilai kreatif dan ekonomis dari industri rumah tangga.

Pewarta: Dyah Dwi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016