Saya kira empat pilar kebangsaan itu harga mati untuk bangsa Indonesia."
Lebak (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Lebak berbagai elemen masyarakat, organisasi kepemudaan, pegawai negeri sipil, TNI, Polri, Ormas Islam berkomitmen cinta terhadap empat pilar kebangsaan.

"Kecintaan empat pilar kebangsaan itu saat menggelar Apel Nasional Nusantara Bersatu (APPB) di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung," kata Komandan Distrik Militer (Kodim) 0603 Lebak Letkol CZI Ubaidillah di Lebak, Rabu.

Pelaksanaan kegiatan APPB tersebut guna membangkitkan semangat dan kecintaan terhadap empat pilar kebangsaan dengan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Empat pilar kebangsaan itu antara lain Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Saya kira empat pilar kebangsaan itu harga mati untuk bangsa Indonesia," katanya.

Pelaksanaan kegiatan APPB ini, kata dia, tidak ada kaitan dengan aksi 2 Desember di Jakarta.

"Kami melaksanakan kegiatan itu murni dari elemen masyarakat yang cinta terhadap empat pilar kebangsaan," katanya menegaskan.

Menurut dia, pelaksanaan APPB menjadikan program TNI bersama masyarakat dan bisa ditindaklanjuti di tingkat kecamatan.

Sebab, nilai-nilai empat pilar kebangsaan tersebut karena memiliki rasa kebersamaan antarumat beragama terus tertanam di tengah-tengah masyarakat.

"Kita boleh beragam, namun tetap satu tujuan adalah Indonesia," katanya.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lebak Taufik Benyamin mengatakan selama ini, Muhammadiyah Lebak sangat mencintai keutuhan NKRI dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu juga menjalin toleransi dan menghargai berbagai elemen masyarakat,termasuk perbedaan keyakinan.

Muhammadiyah bersikap mutlak mempertahankan NKRI dari jerih payah para pahlawan yang berjuang hingga mengorbankan jiwa dan nyawa untuk kesejahteraan masyarakat.

Bahkan, Muhammadiyah sangat menentang kaum kolonial yang menjajah bangsa Indonesia.

Karena itu, kehadiran Muhammadiyah berperan aktif mencintai NKRI melalui bidang pendidikan, sosial dan dakwah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami terus mengoptimalkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga NKRI semakin kuat," katanya.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan kecintaan empat pilar kebangsaan itu harus ditanam serta dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, empat pilar kebangsaan memberikan kesejahteraan masyarakat dengan bersatu tanpa perpecahan.

"Kami akan terus mensosialisasikan empat pilar kebangsaan agar masyarakat Lebak memperkuat persatuan dan kesatuan dengan cintai damai," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016