Saya mohon kepada seluruh anggota Dewan, mari kita majukan Dewan ini dengan sebaik-baiknya."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR yang baru dilantik Setya Novanto menyatakan pihaknya akan bekerja keras membangun DPR serta membangun kerja sama yang baik dengan Presiden guna memperkuat sistem presidensial.

"Saya mengucapkan terima kasih telah ditunjuk kembali sebagai Ketua DPR RI," kata Setya Novanto pada forum rapat paripurna di Gedung MPR/PR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Novanto, DPR RI yang dalam kepemimpinannya akan melaksanakan program-program dalam tiga fungsi DPR secara bersama-sama, baik dibidang legislasi, pengawasan, maupun fungsi anggaran.

"Saya mohon kepada seluruh anggota Dewan, mari kita majukan Dewan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Novanto juga mengajak seluruh anggota Dewan untuk lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta kepentingan rakyat Indonesia dari pada kepentingan pribadi dan kelompok.

Sebelumnya, Novanto diumumkan pimpinan rapat paripurna DPR RI sebagai ketua DPR RI pengganti Ade Komaruddin yang diberhentikan oleh Mahkamah Kehormatan DPR RI.

Pimpinan rapat paripurna DPR RI, Fadli Zon kemudian, meminta fraksi-fraksi menyampaikan pandangan dan sikapnya terhadap pemberhentian Ade Komarudin serta penetapan Setya Novanto sebagai ketua DPR RI.

Ke-10 fraksi di DPR RI, seluruhnya menyampaikan pandangan, setuju pada pemberhentian Ade Komarudin serta mendukung Setya Novanto kembali menjadi ketua DPR RI.

"Setelah mendengar pandangan dan sikap dari fraksi-fraksi, seluruh menyatakan setuju terhadap pemberhentian saudara Ade Komarudin," katanya.

Selanjutnya, Fadli menanyakan persetujuan anggota DPR RI terhadap penetapan Setya Novanto sebagai ketua DPR RI.

"Apakah penggantian ketua DPR RI kepada saudara Setya Novanto, dapat disetujui?" katanya Fadli.

"Setuju," teriak para anggota DPR RI.

Fadli Zon pun langsung mengetukkan palunya tanda disetujuinya Setya Novanto sebagai ketua DPR RI.

Novanto kemudian menjalani pengampilan sumpah dan jabatan sebagai ketua DPR RI yang dipimpin oleh pimpinan harian Mahkamah Agung.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016