Al-Qasr, Irak (ANTARA News) - Pasukan khusus Irak yang tengah memerangi militan-militan ISIS di bagian timur Mosul sudah merebut 19 distrik di kota itu dari tangan ISIS sejak ofensif Mosul dilancarkan bulan lalu.

Brigjen Haider Fadhil dari pasukan khusus Irak berkata kepada The Associated Press bahwa anak buahnya kini hanya empat kilometer dari Sungai Tigris yang membelah kota Mosul. 19 distrik itu setara dengan 30 persen bagian timur kota Mosul.

Bulan lalu pemerintah Irak melancarkan operasi besar-besaran merebut kembali Mosul dari ISIS. Ofensif ini dilancarkan dari berbagai penjuru namun pertempuran paling sengit terjadi di bagian timur kota itu. Di front ini pasukan khusus Irak bertempur.

Sementara itu, pasukan Irak lainnya menyapu daerah tenggara Mosul, namun hari ini ditembaki militan ISIS dengan menggunakan senapan otomatis dan mortir.

Tentara dari Divisi Lapis Baja ke-9 yang tengah patroli ditembaki para militan ISIS yang berada di sisi seberang Sungai Tigris.

Tentara dari divisi ini menyapu area timur Sungai Tigris sebelum maju ke Mosul, kota kedua terbesar di Irak yang dikuasai ISIS pada Juni 2014.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016