Vatican City (ANTARA News) - Paus Fransiskus Rabu waktu setempat bertemu dengan sutradara Martin Scorsese usai penayangan perdana film terbaru sutradara peraih Oscar itu.

Film terbaru sang sutradara berjudul "Silence" mengisahkan para misionaris Jesuit pada abad ke-17 di Jepang.

Pertemuan sutradara berusia 74 tahun dengan Paus itu terjadi 30 tahun setelah filmnya "The Last Temptation of Christ" membuat marah kaum konservatif Kristen.

Pertemuan ini penting bagi Paus yang kini berusia 79 tahun. Sewaktu menjadi pendeta muda dari ordo Jesuit di Argentina, Paus Fransiskus pernah ingin pergi ke Jepang untuk misi misionaris, namun tak bisa karena alasan kesehatan.

Pada pertemuan itu, Paus mengaku kepada Scorsese bahwa dia telah membaca novel karya 1966 yang menginspirasi film "Silence." Novel ini ditulis oleh mendiang penulis Jepang Shusaku Endo yang pindah keyakinan menjadi penganut Katolik.

Sutrada Amerika keturunan Italia itu menghadiri pemutaran perdana "Silence" Selasa malam waktu setempat untuk sekitar 300 pendeta Jesuit. Penayangan perdana kedua untuk kalangan terbatas diadakan di Vatican, Rabu sore.

Film ini mengisahkan dua misionaris Jesuit Portugal yang pergi ke Jepang pada abad ke-17 guna mencari mentor mereka yang hilang di negeri itu, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016