Cirebon (ANTARA News) - Polda Jawa Barat memastikan untuk mengawal masyarakat yang mengikuti doa bersama di Monas Jakarta pada 2 Desember 2016 dan juga menerjunkan empat SSK pasukan Brimob.

Kapolda Jawa Barat Irjen Bambang Waskito di Cirebon, Kamis, mengatakan pihaknya akan mengawal masyarakat yang akan mengikuti doa bersama di Monas pada Jumat (2/12) besok.

"Kita kawal sampai mereka pulang ke Jawa Barat lagi dengan selamat," kata Bambang.

Kendati demikian, dia mengharapkan seluruh Kapolres di Jawa Barat untuk menggelar doa bersama, istighosah untuk keutuhan NKRI.

Dia menuturkan dalam mengawal aksi 2 Desember 2016, pihaknya juga menurunkan 4 SSK pasukan Brimob.

Selain itu, Polda Jabar juga menurunkan mobil Patwal untuk mengawal rombongan masyarakat yang akan ke Jakarta.

"Di seluruh Polres juga akan diadakan doa bersama, Istighosah, tausiyah dan begitu juga di Monas," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto mengatakan, sekitar 620 warga Kabupaten Cirebon tercatat berangkat mengikuti doa bersama di Jakarta.

Pihaknya akan melakukan pengawalan massa baik tertutup maupun selama perjalanan. "Kami kawal sampai mereka pulang ke Cirebon dengan selamat," kata Sugeng.

Polres akan menempatkan satu personel intel dan reserse di dalam bis untuk mengawal warga Kabupaten Cirebon ke Jakarta dan total rombongan ada sembikan bis yang berangkat.

"Ada tiga titik kumpul yaitu di Plered, Dukuhpuntang dan Pabuaran, kami sudah perintahkan kapolsek untuk memberikan arahan sebelum berangkat," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016