Jakarta (ANTARA News) - 13 tim yang terdiri dari tujuh tim putri dan enam putra dipastikan bakal bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan bola voli paling bergengsi di Indonesia yaitu Proliga 2017 yang bakal digulirkan 27 Februari hingga 23 April.

Direktur Proliga Hanny Surkatty di Jakarta, Kamis mengatakan jumlah tim yang turun pada kompetisi musim depan lebih banyak dibandingkan musim 2016. Kondisi ini dinilai merupakan sebuah peningkatan yang pantas untuk diapresiasi.

"Kami menyambut dengan gembira bertambahkan konsisten Proliga terutama di sektor putri pada musim depan. Dua peserta ini sebelumnya sudah pernah turun di Proliga beberapa waktu yang lalu," katanya.

Hanny menjelaskan dua tim putri yang bakal kembali ke kompetisi paling bergengsi di Indonesia itu adalah Bandung BJB dan Jakarta BNI 46. Tim ini akan bergabung dengan lima tim yang sebelumnya sudah ada yaitu Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo Polwan dan Batam Sindo BVN.

Jika sektor putri ada penambahan tim, kondisi berbeda di tim putra. Pada Proliga 2017 jumlahnya tetap sama dengan sebelumnya yaitu enam tim meliputi Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank Sumselbabel dan Batam Sindo BVN.

Meski tim yang turun di Proliga ini sama, kata Hanny, namun ada beberapa tim yang mengalami perubahan nama seperti Surabaya Bhayangkara Samator serta BVN yang sebelumnya bermarkas di Bekasi, untuk musim depan pindah ke Batam, Kepulauan Riau.

 "Ini semakin menambah semaraknya Proliga," kata pria yang juga Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI itu.

Sesuai dengan rencana, pertandingan reguler Proliga 2017 bakal digelar di lima kota yaitu Malang (pembukaan), Palembang, Batam, Gresik dan Surabaya. Sedangkan untuk final four bakal digelar di Solo dan Bandung. Untuk final digelar di Yogjakarta.

Terkait dengan sponsor, Hanny Surkatty mengaku hingga saat belum ada yang masuk. Meski demikian, pihaknya menegaskan jika kejuaraan bakal digelar sesuai dengan jadwal meski sponsor belum masuk.

"Kami tetap komitmen agar Proliga tetap digelar meski tidak ada sponsor. Siapa tahu menjelang Proliga nanti ada sponsor," kata Hanny Surkatty menegaskan.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016