Athena (ANTARA News) - Sebagian besar masyarakat Yunani masih pesimistis terhadap masa depan negara itu dan kekecewaan terhadap kinerja pemerintah sekarang, demikian hasil jajak pendapat terakhir yang dirilis pada Rabu.

Lebih dari 88 persen koresponden mengikuti survei yang dilakukan oleh firma poling "Public Issue" mengatakan percaya bahwa Yunani sedang menuju ke arah yang salah.

Dengan persentase yang sama, mereka menolak gagasan dari program pemberian jaminan keempat.

Sebanyak 92 persen responden dalam jajak pendapat itu menyatakan kekecewaannya pada kebijakan pemerintah yang dipimpin golongan kiri, menurut sebuah pernyataan yang dirilis di halaman laman internet perusahaan tersebut.

Survey serupa yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir memberikan hasil yang sama.

Yunani tampak berbeda pendapat mengenai apakah jajak pendapat harus segera dilakukan. Sekitar 53 persen masyarakat menentang pemilihan awal, sementara 45 persen lainnya mendukung.

Saat ditanya bagaimana perasaan mereka, 28 persen koresponden lainnya merasa marah, 25 persen menyatakan kecewa, 19 persen cemas, delapan persen takut dan hanya lima persen dari koresponden merasa penuh harapan dan optimis.

Survei tersebut dilakukan selama periode 18-25 November dengan partisipasi sebanyak 1.005 responden di seluruh Yunani.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016