Barcelona (ANTARA News) - Legenda Barcelona Xavi Hernandez tidak dapat membayangkan Lionel Messi meninggalkan klub Katalan itu, meski sang penyerang Argentina masih belum meneken kontrak baru dengan sang juara Liga Spanyol.

Xavi merupakan sosok yang paling banyak memperkuat Barca sepanjang masa dan merupakan jantung hati lini tengah klub itu dari 1998 sampai 2015, menghabiskan sembilan tahun di tim pertama bersama Messi, yang melakukan debutnya pada 2004.

"Saya masih berhubungan dengan Messi dan menurut saya ia gembira dan puas. Ia tahu Barcelona adalah klub terbaik di dunia untuk dia, dan saya tidak dapat melihat ia berada di klub lain manapun," kata Xavi, yang sekarang bermain untuk Al Sadd di Qatar, kepada stasiun radio Cope pada Jumat.

Messi merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barcelona namun belum menandatangani perpanjangan pada kontraknya saat ini, yang akan habis pada 2018. Klausa buy outnya bernilai 250 juta euro.

"Saya tidak pernah berbicara kepada dia mengenai kontrak barunya namun jika saya harus bertaruh, saya tidak akan mengharapkan Messi pergi ke klub lain. Ia dapat memperoleh lebih banyak uang di tempat lain, namun saya tidak berpikir ia hanya tertarik pada uang, ia lebih peduli kepada stabilitas," tambah Xavi.

Xavi (36) memenangi 25 trofi utama bersama Barcelona, termasuk delapan gelar Liga Spanyol dan empat Liga Champions, sebelum pindah ke Al Sadd pada 2015.

Mantan pemain internasional Spanyol itu berencana menjadi pelatih ketika ia pensiun sebagai pemain, mengatakan tujuan utamanya adalah mengambil alih kursi panas di Barcelona.

Barcelona tertinggal enam angka dari rival abadinya Real Madrid, menyusul penampilan tidak meyakinkan saat ditahan imbang 1-1 oleh Real Sociedad pada pekan lalu, dan dapat tertinggal sembilan angka dari tim ibukota itu ketika keduanya bertemu pada "Clasico" pada Sabtu.

"Mungkin Barca berada di bawah tekanan karena selisih angka namun Clasico merupakan pertandingan-pertandingan unik, Anda dapat tertinggal 20 angka dan menjalani permainan brilian atau sebaliknya. Penampilan di markas Real Sociedad tidak ada artinya," kata Xavi.

Barcelona memiliki skuad dengan kekuatan penuh saat melawan Real, dan menyambut kembalinya kapten Andres Iniesta setelah absen enam pekan karena cedera lutut.

Xavi percaya kembalinya mantan mitranya di lapangan tengah akan menjadi hal penting bagi peluang Barca untuk memenangi pertandingan.

"Iniesta merupakan pemain transenden untuk Barcelona," tambahnya. "Mereka berkata bahwa sekarang tim kurang kendali dan pemikiran. Baik, Iniesta akan mengembalikan hal itu." Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016