Medianya bisa apa saja, mau dompet dari anyaman, botol gelas, kaca, kayu semuanya bisa dikreasikan menggunakan tisu. Tas dan dompet dari anyaman bisa terlihat cantik dan bisa dibawa ke pesta bagi ibu-ibu."
Pekanbaru (ANTARA News) - Kerajinan seni dengan teknik de coupage atau teknik seni menempelkan tisu atau kertas atau kain ke suatu media ternyata sudah hadir di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau yang dilakukan oleh Jackie Henriana dengan nama bisnisnya JackieHZ Craft.

"Medianya bisa apa saja, mau dompet dari anyaman, botol gelas, kaca, kayu semuanya bisa dikreasikan menggunakan tisu. Tas dan dompet dari anyaman bisa terlihat cantik dan bisa dibawa ke pesta bagi ibu-ibu." kata Jackie Henriani di Pekanbaru, Sabtu.

Dijelaskannya bahwa de coupage merupakan teknik kerajinan menempel asal Perancis. Oleh karena itu bahannya juga spesial yakni tisunya dari Eropa yang ada bergambar, bukan tisu biasa untuk makan atau lainnya.

Kemudian bahan pembuatannya lainnya juga dibeli baru, bukan dari barang bekas. "Di Kota besar ini lagi unik-uniknya, di Pekanbaru belum umum," tambahnya.

Dia mengatakan usahanya ini berawal dari hobi, namun kemudian banyak teman yang tertarik. Meski begitu dia masih membuat secara eksklusif, terbatas atau tidak banyak.

"Tergantung permintaan, kalau banyak saya buat," imbuhnya yang keseharian menjadi ibu rumah tangga ini

Dengan teknik itu, dompet pandan biasa yang tradisional bisa menjadi dompet bagus. Jika medianya botol, kaca, atau kayu akan bisa menjadi hiasan.

Untuk dompet dan tas serta pajangan dengan seni de coupage ini dia menjual dengan harga mulai dari Rp180 ribu hingga Rp300 ribu.

Kesehariannya, dia hanya memasarkan lewat media sosial facebook ataupun instagram dengan nama JackieHZ Craft. Beralamat di Jalan Cemara, Gobah, Pekanbaru.

JackieHZ Craft ini adalah salah satu peserta pada Festival Industri Kreatif Riau 2016 pada 17 Desember. Festival ini terselenggara atas kerjasama Kantor Berita Antara Biro Riau, Bank Indonesia Provinsi Riau dan Sinarmas Grup. Kegiatan berlokasi di Pelataran Parkir BI Perwakilan Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016