Malang (ANTARA News) - Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang meraih juara pada ajang National Marketing Research Competition (NMRC) atau Riset Pemasaran Nasional yang diselenggarakan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada 21-23 November 2016.

Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Brawijaya yang menjuarai kompetisi tersebut tergabung dalam Tim Statictic and Quality Engineering (SQE). "Untuk studi kasus NMRC yang keluar sebagai juara I tahun ini mengangkat brand Corsa, penekannya adalah di pengguna sepeda motor dan bengkel-bengkel yang menggunakan ban Corsa," kata salah seorang anggota SQE Ismanu Hutama Putra di Malang, Jawa Timur, Minggu.

NMRC merupakan kompetisi riset nasional pertama di Indonesia yang diselenggarakan UAJY bekerja sama dengan berbagai perusahaan di Indonesia. Pada penyelenggaraan tahun ini, UAJY menggandeng PT Multistrada Arah Sarana, Tbk, produsen ban kendaraan bermotor merk Corsa dan Achilles.

Sementara Tim SQE digawangi oleh Ismanu Hutama Putra, Anisa Lutfiana, dan M. Hafid Zamroni. Dari hasil seleksi sebanyak 40 tim dari seluruh Indonesia, terpilih 12 tim untuk mengikuti babak semifinal yang diselenggarakan di Cikarang, Jawa Barat.

Tim SQE Brawijaya mengangkat judul penelitian "COIN-PRO (Corsa in Store Promotion rogram), melalui Analisis Pemetaan Strategi Peningkatan Market Share Brand CORSA dengan Integrasi Matching Matrix dan Metode Structural Equation Modelling (SEM)".

Lebih lanjut, Ismanu memaparkan Tim SQE menggabungkan dua metode, yakni Matching Matrix dan SEM untuk meningkatkan market share brand Corsa. Metode Matching Matrix merupakan metode untuk menganalisa pasar dan perilaku konsumen. Sedangkan metode SEM berguna untuk menghitung analisa statistik.

"Hasilnya dimunculkan strategi store promotion. Strategi ini tidak hanya sekedar dimunculkan, tetapi sudah memiliki dasar yang kuat dibuktikan dengan metode yang kita pilih," kata mahasiswa asli Yogyakarta itu.

Anggota tim AQE lainnya, M Hafid Zamroni menambahkan proses penelitian tim SQE membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Agar strategi pemasaran berkesinambungan dengan strategi brand Corsa saat ini, Tim SQE melakukan survei lapangan dan dimasukkan ke dalam metode analisis.

"Kami dinobatkan sebagai tim dengan metodologi terbaik. Keunggulan kami berdasarkan observasi dan pengumpulan data yang kuat, yang benar-benar menggambarkan brand Corsa," urai mahasiswa angkatan 2013 itu.

Sementara itu, tim yang dinobatkan sebagai juara II adalah tim dari Universitas Prasetiya Mulya, Juara III dari Universitas Indonesia (UI), Juara IV dari UAJY, dan Juara V dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016