Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 100 foto dengan tema "Jabar Kahiji : PON XIX dan Peparnas XV" yang digagas oleh Wartawan Foto Bandung dipamerkan untuk masyarakat umum di lantai tiga Mall Bandung Indah Plaza (BIP) ini akan berlangsung dari 4-11 Desember 2016.

Ketua Pelaksana Pameran Foto Jabar Kahiji, Sutanto Nurhadi Permana di Bandung, Minggu mengatakan, pameran foto Kilas Balik Jawa Barat adalah pameran dari sebuah rekaman visual peristiwa yang terjadi di Jawa Barat dalam kurun waktu satu atau dua tahun terakhir.

"Kilas balik kali ini mengangkat tema Jabar Kahiji. Sebab, tahun 2016 bertepatan dengan ditunjuknya Jawa Barat menjadi tuan rumah ajang multieven empat tahunan itu," katanya.

Menurutnya, pemilihan Jawa Barat sebagai tuan rumah untuk dua even skala nasional itu menjadi sejarah tersendiri, apalagi, Jawa Barat keluar sebagai juara umum sehingga momen itu dirasa layak dipilih menjadi tema yang diangkat ke dalam sebuah pameran.

"Menjadi juara umum di dua event nasional itu merupakan mimpi Jawa Barat. Ketika itu diwujudkan oleh atletnya, maka kami pikir hal itu sangat layak untuk dijadikan sebuah tema. Ini pun sebagai bentuk apresiasi kami terhadap perkembangan olahraga nasional," kata dia.

Ia mengatakan sebanyak 100 foto ditampilkan yang merangkum semua momen penyelenggaraan PON dan Peparnas dalam pameran hasil jepretan 32 wartawan foto dan ke-100 foto terpilih merupakan hasil kurasi dari dua kurator Andri Gurnita dan Imam Cahyadi dari sebelumnya 214 karya foto.

"Semua foto yang ditampilkan berkaitan dengan pelaksanaan PON dan Peparnas, baik itu ketika persiapan, pembukaan, pertandingan hingga penutupan," kata Sutanto.

Ia menambahkan, pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV pun menjadi arena pertarungan untuk mengasah kreatifitas dalam melahirkan foto olahraga yang indah.

"Apalagi, foto olahraga menjadi salah satu aspek yang memiliki tantangan khusus dalam labirin pengetahuan foto jurnalistik," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016