Jakarta (ANTARA News) - Presiden sementara klub sepak bola Brasil yang tertimpa bencana pesawat di Kolombia, Chapecoense, Ivan Tozzo memastikan bahwa Sabtu waktu setempat CONMEBOL akan mengumumkan klub itu sebagai juara Copa Sudamericana 2016.

Trofi ini akan diberikan secara anumerta kepada klub Brasil itu setelah pesawat yang membawa tim ini jatuh selagi dalam perjalanan menuju final Copa Sudamericana Senin malam lalu dengan merenggut 71 nyawa, termasuk 19 nyawa pemain Chapecoense.

Berbicara setelah upacara penghormatan di Chapeco, Sabtu waktu setempat, Tozzo menyatakan gelar juara lengkap beserta uang hadiahnya, akan diberikan oleh konfederasi sepak bola Amerika Selatan CONMEBOl kepada klub Brasil itu.

"CONMEBOL telah memastikan akan menobatkan Chapecoense sebagai juara Copa Sudamericana," kata Tozzo dalam laman ESPN.

"Kami mendapatkan dukungan dari semua federasi. CBF, CONMEBOL, FIFA, dan khususnya warga Chapeco. Saat ini kami mulai membangun kembali tim ini. Rakyat ingin sepak bola, rakyat cinta sepak bola di Chapeco."

Dia melanjutkan, "oleh karena itu, kami harus meneruskan ini. Mari bicara dan bekerja baik, mari singkirkan debu dan membangun kembhali tim ini untuk tahun depan."

Atletico Nacional, yang menjadi lawan Chapecoense pada final dua leg turnamen ini, mendukung gelar juara diberikan kepada klub Brasil belum lama pekan ini.

"Atletico Nacional telah mengundang CONMEBOL untuk menganugerahkan trofi Copa Sudamericana kepada Asosiasi Sepak Bola Chapecoense sebagai penghormatan untuk kehilangan besar mereka dan penghormatan anumerta kepada para korban kecelakaan tragis yang diratapi olah raga kita," kata Atletico Nacional.

"Bagi kami, dan selamanya, Chapecoense semestinya menjadi juara Copa Sudamericana untuk 2016."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016