Pemkab Gorontalo kini tengah dalam tahap uji coba dan penyempurnaan, termasuk dilakukannya kooordinasi ke pemerintah pusat, dan tentu saja kami mengharapkan respons positif dari masyarakat
Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menguji coba jam masuk sekolah 60 menit lebih awal, dari biasanya pukul 07.00 Wita menjadi pukul 06.00 Wita.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin, menjelaskan hal tersebut untuk mendorong peningkatan etos kerja di bidang pendidikan.

Kebijakan itu, ujarnya, telah dicanangkan dan diuji coba pada beberapa sekolah rujukan.

"Dengan penerapan ini para siswa akan kembali lebih cepat, mereka libur pada Sabtu dan Minggu atau belajar di sekolah lima hari  kerja. Kita beri mereka kesempatan berinteraksi dengan baik dengan keluarganya," jelas Nelson.

Menurut dia, hal itu memberi ruang kepada orang tua dan keluarga untuk berinteraksi dengan anaknya, membina dan memberi penguatan kepada mereka setelah pulang dari sekolah.

"Selain itu, penerapan jam masuk sekolah lebih awal, bakal mendukung kelancaran aktivitas lalu lintas yang selama ini menumpuk pada jam-jam tertentu," katanya.

Nelson juga mengatakan hal itu pun akan memberi peluang bagi para penyedia layanan transportasi untuk meningkatkan pendapatan.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016