Jakarta (ANTARA News) - Komisi III DPR RI mengapresiasi Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian beserta jajarannya yang dinilai berhasil mengamankan jalannya Doa Bersama pada Jumat, 2 Desember.

"Kami mengapresiasi setinggi-tingginya. Luar biasa sekali. Massa jutaan, begitu banyak," kata Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman dalam rapat kerja dengan Polri di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Polri juga menuai pujian dari perwakilan fraksi-fraksi yang hadir pada rapat itu, seperti anggota Komisi III Fraksi Partai Golkar, Adies Kadir, yang menilai Polri cepat tanggap mengamankan jalannya kegiatan itu.

"Kami bangga pimpinan Polri cepat tanggap dan turun langsung bersama masyarakat untuk berbaur mengamankan Ibu Kota," kata dia.

Anggota Komisi III Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Hasrul Azwar menganggap aparat keamanan sangat cekatan dalam mengamankan aksi yang menjadi pembicaraan dunia itu.

"Sekian juta orang bagaimana lamanya waktu untuk menertibkan, tapi aparat bisa melakukannya dengan cepat," ujarnya.

Tito sendiri mengakui bahwa kegiatan tersebut berjalan konsisten meskipun massa melimpah ruah hingga ke Jalan MH Thamrin dan ruas jalan lain di sekitarnya, seperti Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Abdul Moeis, dan Jalan Kebon Sirih.

"Kegiatannya berlangsung konsisten. Saya sebenarnya memberi kesempatan acara hingga jam 4 sore, tetapi hebatnya mereka tidak sampai jam 4," ujarnya.

Ia menceritakan, salah satu kesuksesan pengendalian massa adalah berkat pengeras suara yang disediakan oleh polisi.

"Titik pengendalian massa, melalui speaker, sehingga kami yang menyiapkan speaker agar tidak terlalu banyak suara. Selain itu, magnet utamanya ada di panggung, sehingga saya berdialog dengan mereka dari sana," kata Tito.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016