Jakarta (ANTARA News) - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sering kali dijadikan ajang berbelanja barang kebutuhan maupun idaman karena menawarkan harga yang jauh lebih murah.

Pada 12-14 Desember, sejumlah e-commerce di Tanah Air menawarkan potongan harga besar-besaran hingga 95 persen hampir pada semua produk yang ada di situs mereka.

Tentu banyak orang yang ingin memanfaatkan diskon Harbolnas untuk membeli barang idaman mereka, dengan aturan siapa cepat dia dapat.

Berikut kiat-kiat mendapatkan barang idaman saat pesta belanja online, versi Wakil Direktur Marketing Bukalapak Bayu Syerli:

1. Buat wishlist
Sebelum hari H, pastikan Anda membuat wishlist, daftar barang-barang yang ingin dibeli, dengan menandai pada kolom yang tersedia. Barang-barang yang ditandai akan masuk pada daftar wishlist sehingga memudahkan untuk berbelanja.

2. Online dini hari
Siapa paling cepat bertransaksi, dia yang akan mendapatkan barang. Agar tidak kehabisan barang idaman, sangat disarankan untuk online lebih awal sehingga dapat langsung berbelanja begitu diskon mulai. Pesta belanja Harbolnas biasanya dimulai sejak pukul 00.00.

"Pantengin sejak jam 12 malam, soalnya kan kita nggak tahu. Takutnya jam 7 pagi sudah habis," kata Bayu di Jakarta, Senin.

3. Segera bayar
Setelah check-out, segera lakukan pembayaran. Membayar dengan internet banking atau kartu kredit memungkinkan pembeli dapat segera bertransaksi setelah memesan barang. Bila dengan transfer ATM, Bayu menyarankan untuk bertransaksi dini hari sehingga dapat langsung membayar ketika pagi.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016