Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden yang juga Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla mengatakan, karena Islam mengikuti zaman dan kemajuan maka masjid juga harus modern.

"Islam itu modern mengikuti kemodernan. Kalau Islam itu modern, masjidnya juga harus modern," ujar Wapres saat membuka Rakernas DMI di Istana Wapres di Jakarta, Senin.

Saat ini DMI mulai mengembangkan aplikasi berbasis android dengan nama "masjidku" untuk menggabungkan tiga hal yaitu menghubungkan masyarakat dengan masjid, dengan ustadz/ulama, dan ulama dengan masjid.

Aplikasi tersebut saat ini baru berkembang di Jakarta dan ke depan akan hadir di semua kota di Indonesia sehingga nantinya akan mudah untuk mengetahui berbagai informasi tentang masjid misalnya siap yang menjadi khatib di masjid tertentu.

"Karena itu kita minta di daerah juga untuk nanti dilatih bagaimana mengisinya, sehingga ustadz di daerah bisa terhubung dengan pengurus masjid," ujar Wapres.

Program DMI lainnya untuk perbaikan dan kemajuan masjid yaitu penataan dan perbaikan pengeras suara masjid, sertifikasi tanah masjid, program eco masjid dalam bentuk perbaikan sanitasi dan lingkungan masjid yang bersih dan sehat.

Selain itu juga berupaya menggiatkan dan menyelenggarakan pelatihan manajemen masjid, serta pelatihan imam, khotib dan dai.

Termasuk pemanfaatan aplikasi mobile online untuk dai program pelatihan berbasis Teknologi Informasi (TI) dengan sertifikat internasional bagi remaja/mahasiswa berbasis masjid.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016