Pelindo berupaya untuk terus berkontribusi secara langsung dalam memajukan kesejahteraan nelayan melalui program pemberdayaan masyarakat."
Medan (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1 memberikan bantuan berupa kapal kepada sejumlah nelayan tradisional yang menangkap ikan di Belawan, Marelan, dan Medan Labuhan.

"Bantuan ini merupakan salah satu Program Bina Lingkungan Pelindo yang disalurkan untuk mendorong perekonomian masyarakat di sekitar wilayah kerja Pelindo," kata Komisaris Utama Pelindo 1, M.Nawaiy Loebis, ketika menyerahkan bantuan tersebut kepada nelayan di Belawan, Senin. .

Semoga bantuan tersebut, dapat dimanfaatkan oleh para nelayan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan penghasilan mereka lebih besar lagi.

"Sebagai perusahaan yang mengelola jasa kepelabuhanan, Pelindo tidak hanya melakukan pencapaian target yang telah ditentukan manajemen, tetapi juga turut berperan dan bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan, serta kemajuan masyarakat nelayan," ucap Loebis.

Ia menjelaskan, bantuan itu, yakni dua unit sampan berukuran 20 kaki, dua unit ukuran 19 kaki, dua bua alat tangkap jaring seloncong dengan panjang 500 meter, dan dua buah jaring kepiting pinggir.

"Kemudian, 40 buah alat pancing cumi-cumi, memperbaiki 10 unit sampan, 40 buah bak fiber, tiga buah jaring gembung dengan panjang masing-masing 700 meter," kata Loebis.

Sementara itu, Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan, masyarakat nelayan merupakan lingkungan yang sangat dekat dengan bisnis kepelabuhanan yang dikelola oleh Pelindo.

Melalui program bina lingkungan ini, menurut dia, dapat dirasakan langsung dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Program bantuan kepada nelayan ini dilakukan secara berkelanjutan.

"Pelindo berupaya untuk terus berkontribusi secara langsung dalam memajukan kesejahteraan nelayan melalui program pemberdayaan masyarakat," kata juru bicara Pelindo.

Bantuan tersebut, diserahkan dalam memperingati HUT Pelindo 1 ke-24 pada tanggal 1 Desember 2016.

Selain memberikan bantuan kepada para nelayan, Pelindo juga menyerahkan sumbangan kepada panti asuhan, pembangunan rumah ibadah dan pemberian beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016