Cirebon (ANTARA News) - Tiga kereta api tambahan disiapkan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) III Cirebon, Jawa Barat, untuk masa angkutan libur Natal 2016 dan Tahun baru 2017.

Manajer Humas Daop III Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Senin, mengatakan untuk masa angkutan libur Natal dan Tahun baru, pihaknya menambahkan tiga kereta untuk melayani para pengguna jasa kereta api khususnya di Cirebon dan sekitarnya.

"Kereta tambahan akan dijalankan selama periode Natal dan Tahun Baru yaitu mulai 23 Desember 2018 hingga 8 Januari 2017," katanya.

Ketiga kereta tambahan yang akan dioperasikan yaitu Cirebon Ekspres relasi Cirebon - Jakarta diberangkatkan pukul 16.35 WIB, KA Cirebon Ekspres Fakultatif pukul 16.45 WIB dan KA Argo Jati tambahan pukul 20.55 WIB.

Dengan dijalankannya kereta tambahan, maka jumlah kereta di Daop III Cirebon relasi Cirebon - Jakarta (PP) sebanyak sembilan kereta.

"Khusus di Daop III Cirebon saja yang reguler kita ada enam kereta, jadi masa Natal dan Tahun baru ini kita melayani sebanyak 18 perjalanan kereta per hari relasi Cirebon Jakarta - Cirebon," tuturnya.

Ia juga memprediksi, libur Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak 2 persen dibanding tahun lalu.

Yaitu dari 99.863 penumpang pada tahun 2015 menjadi 102.243 penumpang pada tahun ini.

Ia pun meyakinkan, tidak akan terjadi keterlambatan kereta dan seluruh permintaan pasar selama masa libur Natal dan Tahun Baru akan terakomodir dengan baik.

"Dengan tiga kereta tambahan kita sudah memperhitungkan bahwa semua penumpang akan terakomodir sesuai jadwal keberangkatan," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016