Jakarta (ANTARA News)  - Peristiwa di dunia nyata hampir selalu menjadi topik pembicaraan netizen di  dunia maya, baik tentang politik, kebudayaan hingga gerakan kemanusiaan.

Twitter menjadi salah satu sarana netizen mencari dan membagikan informasi mengenai apa yang terjadi, baik di Tanah Air maupun mancanegara.

Berikut ini adalah rangkuman Twitter Indonesia tentang 10 peristiwa paling populer di 2016:

1. Bulan Ramadhan

Pengguna Twitter di Indonesia beramai-ramai berbagi cuitan mengenai bulan suci Ramadhan, mulai dari resep makanan, kutipan religi sampai perayaan Idul Fitri. Indonesia menjadi negara ke-2 dengan jumlah jumlah tweet terbanyak di dunia selama Ramadhan.

2. Owi-Butet di Olimpiade Rio
Kemenangan pasangan ganda campuran bulu tangkis Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Olimpiade Rio 2016 menjelang akhir 17 Agustusan di Indonesia ramai diperbincangkan netizen melalui tanda pagar #OwiButetBisaEmas.

3. RI 71
Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-71 dirayakan masyarakat di dunia nyata dan maya. Tahun ini, untuk pertama kalinya Presiden Joko Widodo menyiarkan upacara bendera di Istana Negara melalui akun media sosial.

4. Bom Thamrin
Aksi teroris di sekitar Sarinah, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat pada tidak membuat masyarakat takut. Netizen bersatu dan saling menguatkan melalui tagar #KamiTidakTakut, #PrayForJakarta dan #SafetyCheckJkt.

5. Euro 2016
Kompetisi sepak bola bergengsi Eropa bergaung di lini masa Twitter seluruh dunia, Indonesia tidak ketinggalan. Pengguna memberikan dukungan untuk pemain idola dan negara jagoan mereka dengan #Euro2016.

6. GMT 2016
Pengguna Twitter turut membagikan pengalaman mereka tentang gerhana matahari total di Indonesia.

7. Love BTS
Pecinta K-Pop mengungkapkan kecintaan mereka terhadap boyband Korea Selatan Bangtan Boys.

8. Timnas Indonesia

Netizen mencuit #TimnasDay sebagai bentuk dukungan mereka untuk tim nasional sepak bola Indonesia setiap kali mereka bertanding.

9. Bom Madinah
Netizen mendoakan korban ledakan di Madinah, Arab Saudi.

10. Pertandingan Persib

Dukungan para bobotoh setiap Persib bertanding.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016