Basel, Swiss (ANTARA News) - Penyerang Arsenal, Lucas Perez, berhasil mencetak trigol kala membawa timnya mempecundangi FC Basel 4-1 dalam lawatan ke Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss, untuk laga pamungkas penyisihan Grup A Liga Champions, Rabu dini hari WIB.

Trigol tersebut merupakan capaian perdana Perez bagi Arsenal, sejak didatangkan dari Deportivo La Coruna dengan mahar senilai 17,1 juta poundsterling pada jendela transfer musim panas lalu.

Kemenangan yang diraih tim besutan Arsene Wenger itu memastikan mereka menjadi juara Grup A dengan raihan 14 poin lantaran Paris Saint-Germain (12) di laga lain ditahan imbang Ludogorets 2-2. Baik Arsenal maupun PSG sudah memastikan melaju sejak penyisihan grup masih menyisakan dua laga.

Perez hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk membuka keunggulan Arsenal saat ia dengan mudah menyelesaikan umpan kiriman Kieran Gibbs di area tiang dekat.

Lantas, pada menit 16, Perez menggandakan keunggulan Arsenal atas Basel menjadi 2-0 kali ini menyambar bola muntah hasil tendangan Gibbs yang gagal diantisipasi sempurna oleh penjaga gawang Tomas Vaclik.

Perez melengkapi raihan trigolnya lewat serangan pertama Arsenal di babak kedua, ketika ia dengan mudah menyelesaikan bola umpan silang Gibbs yang sempat membentur Alexis Sanchez sebelum jatuh di ruang tembak penyerang Spanyol tersebut demi memperbesar keunggulan tim tamu 3-0 atas Basel.

Alex Iwobi turut mencatatkan namanya di papan skor dengan mencetak gol keempat Arsenal dengan sontekan mudah di mulut gawang menyambut umpan matang dari Mesut Oezil pada menit 53.

Arsenal berpeluang makin memperbesar keunggulan mereka atas Basel, namun bola tendangan Sanchez pada menit 68 yang sudah menaklukkan Vaclik ditolak oleh mistar gawang.

Basel memperoleh gol hiburan pada menit 78 lewat aksi menawan Seydou Doumbia dengan trik Marseille Roulette khas Zinedine Zidane sebelum melakukan umpan satu dua sentuhan bersama Marc Janko yang diakhiri dengan sepakan memaksa penjaga gawang David Ospina memungut bola dari dalam gawangnya.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

FC Basel (4-2-3-1): Tomas Vaclik (PG); Michael Lang, Marek Suchy, Eder Balanta, Adama Traore; Geoffroy Serey Die (Luca Zuffi), Taulant Xhaka; Mohammed Elyounoussi (Davide Calla), Matias Delgado (Seydou Doumbia), Renato Steffen; Marc Janko
Pelatih: Urs Fischer

Arsenal (4-2-3-1): David Ospina (PG); Gabriel, Rob Holding, Laurent Koscielny, Kieran Gibbs; Aaron Ramsey (Olivier Giroud), Granit Xhaka; Alex Iwobi, Mesut Oezil (Theo Walcott), Lucas Perez; Alexis Sanchez (Mohamed Elneny)
Pelatih: Arsene Wenger.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016