Jakarta (ANTARA News) - Pemain bulu tangkis legendaris Tan Joe Hok dan Liem Swie King serta para pemain dan pelatih bulu tangkis mendatangi Balai Rakyat untuk menyampaikan dukungan mereka kepada calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan calon wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat.

"Kami ingin memberikan dukungan moral pada Ahok dan Djarot yang sebentar lagi ikut Pilgub. Kami yakin Beliau akan sukses. Kami di belakang mendukung dengan doa," kata Tan Joe Hok alias Hendra Kartanegara di Balai Rakyat, Rumah Lembang, Jakarta, Rabu.

Pebulu tangkis Indonesia pertama yang menjuarai All England itu datang bersama puluhan pemain, yang masih aktif maupun tidak, dan pelatih bulu tangkis.

Di antara mereka ada Rexy Mainaky, Kartono Heryanto, Bobby Hertanto, Eddy Hartono, Chandra Wijaya, Rosiana Tendean, Ivana Lie, Imelda Wiguna, Haryanto Arbi, Merry Halim, dan Susi Ogeh.

Rexy menilai Ahok memperhatikan olahraga saat menjadi gubernur DKI Jakarta dan dia berharap Jakarta bisa menjadi kota percontohan bagi daerah lain dalam memajukan olahraga dan para atlet jika Ahok terpilih.

"Kita lihat persiapan untuk Asian Games ini sudah ada renovasi fasilitas olahraga. Sudah menunjukkan cukup jelas ke depannya bahwa Pak Ahok memerhatikan olahraga," kata Rexy, yang meraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Subagja.

Ia menambahkan bahwa ada sekitar 30 pemain bulu tangkis yang berinisiatif menyatakan dukungannya kepada pasangan Ahok dan Djarot.

Selain memberikan dukungan moral, para pemain bulu tangkis nasional juga memberikan sumbangan senilai Rp10 juta.

"Untuk sementara memang kami enggak terlalu banyak yang disumbangkan ke Pak Ahok. Sementara yang kami punya dan kami kumpul hari ini Rp10 juta," kata Rexy.

Ahok dan Djarot bersaing dengan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta tahun depan.


Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016