Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersama National Police Agency (NPA) Japan atau Kepolisian Jepang memperkuat kerja sama keamanan investasi.

Pada kesempatan itu, Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin bertemu "Commissioner General" NPA Masayoshi Sakaguchi di Jepang pada Rabu.

Syafruddin mengatakan Indonesia memiliki hubungan baik dengan pemerintah Jepang yang telah terjalin hampir seabad.

"Jepang merupakan investasi terbesar bagi Indonesia," kata Syafruddin.

Syafruddin menegaskan Polri wajib mengamankan investasi negara asing, termasuk Jepang yang bermanfaat bagi pembangunan di Indonesia.

Mantan ajudan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla itu menuturkan Jepang merupakan negara peringkat pertama yang berinvestasi di Indonesia.

Investasi Jepang terbesar di Indonesia yakni infrastruktur dan bidang transportasi darat, serta pelabuhan yang perlu diperhatikan Polri dari aspek keamanan.

Syafruddin menyatakan Polri membutuhkan dukungan dan arahan dari pemerintah Jepang terkait aspek manajemen keamanan.

Sementara itu, Commissioner General NPA Masayoshi Sakaguchi menyatakan akan meningkatkan kerjasama dengan Polri dalam bidang pemberantasan terorisme.

Sakaguchi meminta secara khusus Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mempresentasikan kebijakan pemberantasan terorisme di Indonesia.

Terlebih menurut Sakaguchi, Tokyo akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade pada 2020 sehingga membutuhkan masukan dan teknis mengantisipasi terorisme.

Sakaguchi menambahkan pemerintah Jepang akan meningkatkan investasi dan kerja sama keamanan transportasi di Indonesia.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016