Beirut, Lebanon (ANTARA News) - Pasukan pemerintah Suriah berhasil merebut seluruh kawasan bersejarah Kota Tua Aleppo setelah petempur pemberontak mundur semalam menurut laporan kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rabu (7/12).

Militer dan pasukan propemerintah kini menguasai lebih dari 75 persen wilayah Aleppo timur, basis pemberontak sejak 2012, tiga pekan sejak operasi dimulai untuk merebut kembali seluruh kota terbesar kedua di Suriah itu.

Observatorium mengatakan pemberontak mundur dari bagian terakhir Kota Tua tadi malam setelah militer merebut Distrik Bab al Hadid dan Aqyul.

"Pemberontak terpaksa mundur dari Kota Tua Aleppo karena khawatir dikepung" menurut kelompok pemantau yang berbasis di Inggris tersebut.

Pasukan Suriah kini menguasai seluruh kawasan di timur benteng bersejarah Aleppo, dan sebagian Distrik Marjeh menurut pernyataan Observatorium yang dikutip kantor berita AFP.

Tadi malam, militer melancarkan serangan ke kawasan Al-Zabdiya dan wilayah lain yang masih dalam kendali pemberontak di bagian tenggara kota itu menurut kelompok itu.

Militer menyatakan sedikitnya 15 orang, termasuk satu anak, tewas dalam serangan pemerintah di Aleppo Timur pada Selasa. Tiga anak ada di antara 11 orang yang tewas dalam serangan pemberontak ke area yang dikuasai pemerintah di kota itu. (ab/)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016