Jakarta, 7 Desember 2016 (Antara) - Duta Besar Republik Panama Untuk Indonesia, H.E.Ms.Deborah Ho, menyampaikan kesempatan dan peluang kepada PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI untuk mendapatkan otorisasi statutoria dari Pemerintah Republik Panama. Hal itu disampaikan dalam kunjungan courtesy call ke Kantor Pusat BKI Jakarta Utara, Rabu (7/12).

Deborah Ho bersama dengan General Director Isthmus Bureau of Shipping/ClassIBS, Rogelio Orillac berkunjung ke BKI dalam dua agenda. Pertama, dalam rangka perkenalan Duta Besar Panama yang baru dua bulan bertugas di Indonesia kepada BKI sebagai salah satu stakeholder maritim di Indonesia. Kedua, melanjutkan kembali kerjasama BKI-ClassIBS yang dimulai sejak 1998, khususnya otorisasi statutoria dari Panama. "Langkah lanjutan pertemuan ini disepakati kerjasama training untuk peningkatan kompetensi Surveyor BKI dibidang survey statutoria" ujar Saifuddin Wijaya, Sekretaris Perusahaan BKI.

Dalam kesempatan itu, Saifuddin Wijaya mempresentasikan profile. BKI, roadmap BKI menuju keanggotaan IACS dan posisi BKI dalam PSC Tokyo MOU sebagai Recognize Organization dengan kategori High Performance.  Melihat itu, Deborah Ho akan membantu upaya BKI mendapatkan otorisasi Statutoria dari Pemerintah Republik Panama. "Tentunya BKI akan melewati prosedur sesuai standar RO Code dan ketentuan yang dipersyaratkan oleh Pemerintah Republik Panama", imbuhnya.

"Hal ini memang menjadi target strategis BKI dalam memperoleh kepercayaan dari internasional, khususnya dari Flag State yang dikategorikan White List", tambah Saifuddin Wijaya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016