Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono menuturkan turut berduka untuk korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada Rabu pagi.

"Saya ingin sampaikan rasa duka kepada saudara-saudara kita yang ada di Aceh, yang kita tahu baru saja terjadi gempa bumi yang menimbulkan korban jiwa," kata dia di Jakarta Selatan, Rabu.

Ia berharap seluruh korban diberikan ketabahan dan ketegaran dalam menghadapi bencana itu.

Pria berusia 38 tahun itu juga mengajak masyarakat dari semua kalangan untuk turut mendoakan dan mengulurkan tangan memberikan bantuan untuk para korban.

"Tentunya kita harus berempati dan memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita di Aceh," ujar Agus.

BNPB merilis data dampak gempa Pidie Jaya hingga pukul 13.10 WIB, di mana secara keseluruhan terdapat 52 orang meninggal dunia, 73 orang luka berat, 200 orang luka ringan dan sekitar 10 ribu orang lainnya terdampak bencana.

Ribuan tim SAR gabungan dari BPBD Pidie Jaya dan BPBD Pidie bersama dengan TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat juga telah dikerahkan menangani dampak bencana.

Gempa bumi berskala 6,5 skala Richter itu terjadi karena dampak pergeseran sesar aktif dan berpusat di darat pada koordinat 5,19 LU dan 96,38 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016