Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto meminta petugas penyelamat dan pihak terkait segera bekerja secara cepat dan cermat untuk mengevakuasi korban gempa Pidie Jaya, Aceh, selamat yang masih terperangkap di reruntuhan bangunan.

"Kami harapkan Basarnas, BNPB, dan BPBD dapat terus melakukan evakuasi korban selamat maupun korban tewas secara cepat. Kita harap semua pihak dapat melakukan kerja cepat," kata Setya Novanto, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Novanto juga mengingatkan agar warga yang telah berada di lokasi aman tetap tenang tapi waspada guna mengantisipasi adanya kemungkinan gempa susulan.

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan juga menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa di Kabupaten Pidie Jaya,dan sekitarnya di Aceh.

Taufik minta lembaga terkait di Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah dapat segera memberikan bantuan, baik materi, tenaga, dan pikiran.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah mulai pusat dan Pemerintah daerah di Aceh, dapat melakukan langkah-langkah strategis dan taktis.

"Saya minta perhatian kepada seluruh pihak terkait untuk segera melakukan tindakan penanganan yang dibutuhkan, termasuk mengantisipasi adanya kemungkinan gempa susulan," katanya.

Taufik optimistis elemen masyarakat Indonesia akan memberikan bantuan kepada korban bencana gempa bumi di Aceh.

Dia juga optimistis, Pemerintah akan bertindak cepat menangani korban bencana.

"Ingat peristiwa tsunami tahun 20014. Siapapun pemimpin di pemerintahan saat ini, pasti akan cepat merespons. Jangan lupa semangat kekeluargaan dan gotong royong seluruh bangsa Indonesia masih kuat," ujarnya.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada Rabu sekitar pukul 05.03 Wib.

Gunjangan gempa tersebut menyebabkan puluhan korban jiwa, puluhan warga lainnya mengalami luka-luka, serta ratusan bangunan seperti rumah, perkantoran, rumah ibadah, pasar, dan sekolah, rusak.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016