Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto mengumpulkan seluruh pimpinan fraksi di DPR agar bergerak cepat membantu para korban gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

"Beberapa fraksi telah datang dan dalam beberapa hari akan memberikan sumbangan," katanya di Gedung Nusantara I, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, kebulatan tekad kepada wakil masyarakat yang ada di DPR untuk menyumbangkan langsung dengan melihat daerah tersebut melalui sumbangan dana dan kemampuan yang ada karena ini masalah cukup memprihatinkan.

Novanto juga meminta agar petugas penyelamat seperti Badan SAR Nasional (Basarnas) dan pihak terkait bisa bekerja dengan cepat terutama untuk mengevakuasi korban yang masih terperangkap.

"Kami harapkan bahwa pihak Basarnas dan BNPB bisa terus melakukan evakuasi secara cepat dan bekerja sama pada pihak daerah untuk melakukan sedini mungkin. Kita harap semua pihak untuk bisa lakukan kerja cepat," ujarnya.

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu juga mengingatkan agar warga yang telah berada di tempat aman dan bisa terus waspada untuk mengantisipasi adanya kemungkinan gempa susulan.

Namun dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan waspada menghadapi bencana alam tersebut.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016