Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Vietnam berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol tendangan jarak jauh yang dicetak Vu Van Thanh pada menit 83 dalam laga semi final kedua Piala AFF melawan Indonesia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu.

Gol itu berawal dari sebuah pelanggaran tak perlu dari Hansamu Yama Pranata di tepian kotak penalti sebelah kiri pertahanan, berbuah tendangan bebas untuk Vietnam.

Pham Thanh Luong yang menjadi eksekutor dengan cerdik menyodorkan bola kepada Van Thanh yang segera menyambar dengan tendangan keras menyusur tanah, membelah kerumunan pemain di dalam kotak penalti hingga mengecoh penjaga gawang Kurnia Meiga.

Gol tersebut capaian luar biasa bagi Vietnam yang bermain dengan 10 pemain sejak menit 77, lantaran penjaga gawang Tran Nguyen Manh, diganjar kartu merah oleh wasit Fu Ming akibat tindakan tak terpuji menendang Bayu Pradana dalam situasi permainan tengah jeda untuk pelanggaran.

Vietnam yang sudah menggunakan tiga kesempatan pergantian terpaksa menaruh pemain belakang Que Ngoc Hai sebagai penjaga gawang menggantikan Nguyen Manh.

Ironisnya, Indonesia yang memiliki keuntungan jumlah pemain dan berada dalam posisi unggul berkat gol Stefano Lilipaly pada menit 54 justru tetap tak mampu mengendalikan permainan maupun membangun serangan berbahaya.

Meski demikian jika kedudukan 1-1 bertahan, Indonesia berhak lolos ke final dengan agregat 3-2 berkat kemenangan 2-1 di semi final pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12) lalu.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:

Vietnam: Tran Nguyen Manh (PG); Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong); Nguyen Van Toan (Vu Minh Tuan), Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong)
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia: Kurnia Meiga (PG); Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar), Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun), Rizky Pora; Boaz Solossa (Ferdinan Sinaga)
Pelatih: Alfred Riedl

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016