Jakarta (ANTARA News) - Laga semi final kedua Piala AFF 2016 antara Vietnam melawan Indonesia harus dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit setelah tuan rumah sukses membalikkan keadaan 2-1 lewat gol Vu Minh Tuan pada menit 90+2 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu.

Gol itu tercipta memanfaatkan kegugupan yang melanda pertahanan Indonesia saat Minh Tuan merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan yang menghujam ke sudut kanan gawang yang dikawal Kurnia Meiga.

Berkat gol itu pula, Vietnam menyamakan kedudukan agregat 3-3, setelah di semi final pertama mereka kalah dari Indonesia 1-2 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12) lalu.

Vietnam lebih dulu tertinggal dari Indonesia di laga semi final kedua akibat gol dari Stefano Lilipaly pada menit 54, menyambar bola liar di garis gawang akibat kegagalan penjaga gawang Tran Nguyen Manh dan bek Truong Dinh Luat mengantisipasi umpan silang Boaz Solossa yang terlampau tajam menusuk ke dalam gawang.

Nasib naas semakin mendera tuan rumah ketika Nguyen Manh diganjar kartu merah oleh wasit Fu Ming pada menit 77 akibat tindakan tak terpuji menendang Bayu Pradana dalam situasi permainan tengah jeda untuk pelanggaran.

Vietnam yang sudah menggunakan tiga kesempatan pergantian terpaksa menaruh pemain belakang Que Ngoc Hai sebagai penjaga gawang menggantikan Nguyen Manh.

Ironisnya, Indonesia yang memiliki keuntungan jumlah pemain dan berada dalam posisi unggul gagal total dalam upaya mengendalikan permainan maupun membangun serangan berbahaya, sebaliknya Vietnam seolah terlecut untuk membuktikan kemampuan mereka dan terus melancarkan serangan.

Hasilnya, berawal dari sebuah pelanggaran tak perlu dari Hansamu Yama Pranata di tepian kotak penalti sebelah kiri pertahanan, berbuah tendangan bebas untuk Vietnam.

Pham Thanh Luong yang menjadi eksekutor dengan cerdik menyodorkan bola kepada Vu Van Thanh yang segera menyambar dengan tendangan keras menyusur tanah, membelah kerumunan pemain di dalam kotak penalti hingga mengecoh penjaga gawang Kurnia Meiga.

Anehnya, kedudukan imbang justru direspon pelatih Alfred Riedl dengan keputusan pergantian pemain ganda, Zulham Zamrun menggantikan Lilipaly dan Dedi Kusnandar menggantikan Andik Vermansah, yang mengindikasikan pilihan untuk bertahan ketimbang menambah daya gedor.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:

Vietnam: Tran Nguyen Manh (PG); Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong); Nguyen Van Toan (Vu Minh Tuan), Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong)
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia: Kurnia Meiga (PG); Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar), Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun), Rizky Pora; Boaz Solossa (Ferdinan Sinaga)
Pelatih: Alfred Riedl

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016