Madrid (ANTARA News) - Wakil Jerman, Borussia Dortmund, berhasil menahan imbang Real Madrid 2-2 dalam lawatan ke Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis dini hari WIB, dalam laga pamungkas penyisihan Grup F Liga Champions.

Hasil itu memastikan Dortmund menjadi jawara Grup F dengan raihan total 14 poin, sementara Madrid (12) tertahan di peringkat kedua, dan keduanya sudah memastikan diri akan melaju ke babak 16 besar Liga Champions sejak beberapa pekan silam.

Tuan rumah lebih dulu membuka keunggulan lewat Karim Benzema pada menit 28 yang menyambut umpan tarik kiriman Daniel Carvajal dengan sebuah sontekan mudah.

Kemudian, pada menit 53, Benzema menggandakan keunggulan Madrid menjadi 2-0 atas Dortmund dengan menanduk umpan silang kiriman James Rodriguez, setelah sesaat sebelumnya tembakannya berhasil diselamatkan penjaga gawang Dortmund, Roman Weidenfeller.

Dortmund baru bisa memperkecil ketertinggalan pada menit 60 melalui sontekan mudah Pierre-Emerick Aubameyang mengakhiri sebuah aksi Marcel Schmelzer yang berujung umpan tarik ke dalam kotak penalti.

Ambisi menjuarai grup direspon pelatih Thomas Tuchel dengan menurunkan Marco Reus menggantikan Andre Schuerrle dan Emre Mor digantikan Christian Pulisic.

Akan tetapi yang terjadi justru Madrid kembali mengancam lewat tandukan Toni Kroos yang akhirnya berakhir diselamatkan barisan pertahanan Dortmund pada menit 69.

Cristiano Ronaldo hampir memperbesar keuggulan pada menit 78 jika saja bola sepakannya tak membentur tiang gawang.

Lantas pada menit 88, Thucel memanen hasil keputusan pergantian pemain yang tepat di timnya dengan gol penyama kedudukan dari Reus, memanfaatkan umpan tarik yang dilepaskan Aubameyang.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas (PG); Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric (Toni Kroos), Casemiro,James Rodriguez; Lucas Vazquez, Karim Benzema (Alvaro Morata, Cristiano Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Borussia Dortmund (4-4-2): Roman Weidenfeller (PG); Lukasz Piszczek, Sokratis Papastathopoulos, Marc Bartra, Marcel Schmelzer; Christian Pulisic (Emre Mor), Gonzalo Castro (Sebastian Rode), Julian Weigl, Andre Schuerrle (Marco Reus); Pierre-Emerick Aubameyang, Ousmane Dembele
Pelatih: Thomas Tuchel.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016