Kendari (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggandeng Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui kerjasama untuk menyukseskan program gerakan nasional peduli tenaga kerja rentan (GN Lingkaran) di daerah itu.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Kuswahyudi dan Dirut Bank Sultra, Khaerul Kemala Raden, disaksikan oleh Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto di Kendari, Rabu.

Dalam kerja sama tersebut, Bank Sultra akan menjadi donatur untuk menyukseskan program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) .

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, setelah menyaksikan penandatanganan kerja sama itu mengaku optimistis program donasi tersebut akan menjadi jembatan bagi pekerja untuk mendapatkan haknya dalam hal jaminan sosial.

"Dalam skema yang kita buat, BPJS Ketenagakerjaan akan menyisir pekerja informal. Pekerja mandiri yang taraf pendapatannya masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Lewat skema donasi, pekerja ini nantinya akan terbantu melalui program CSR dari perusahaan," katanya.

Dia mengatakan, sebagai amanah undang-undang, maka seluruh pekerja memiliki hak untuk mendapatkan jaminan sosial tersebut.

"Karena itu, BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu badan sosial terus melakukan pembaharuan dengan menyentuh lebih banyak pekerja. BPJS nantinya hanya bertugas sebagai pencatat. Pemberi donasi bisa berinteraksi langsung dengan orang yang dibantu. Semuanya dilakukan secara elektronik, tidak ada sentuhan tangan manusia," katanya.

Dia menjelaskan, program Donasi dengan memberdayakan para donatur ini menurutnya bisa dilakukan siapa saja, baik perorangan, instansi pemerintah, swasta atau kelompok.

"Artinya kita sediakan jembatan untuk menyalurkan bantuan langsung ke orang yang dibantu. Perusahaan, kelompok dan orang pribadi bisa memilih langsung orang yang dibantu, berapa jumlahnya. Artinya semua dilakukan secara transparan dan langsung tepat sasaran," ujarnya.

Dirut Bank Sultra, Khaerul Kemala Raden mengatakan setelah adanya kerja sama itu maka setiap tahun pihaknya akan menganggarkan untuk donasi kepada pekerja rentan dalam hal ini petani.

"Kenapa kami memilih petani karena seiring komitmen kami untuk mendorong ketahanan pangan nasional. Dengan bantuan ini maka kami akan memberi andil bagi petani dalam meningkatkan produksi pangan," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016