Jakarta (ANTARA News) - BPJS Ketenagakerjaan mencatat hingga saat ini lebih dari 140.000 pekerja rentan di seluruh Indonesia telah mendapat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

GN Lingkaran merupakan inovasi sosial  yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan, dengan mengakomodasi donasi Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan ataupun sumbangan individu secara elektronik atau online untuk membantu para pekerja rentan agar terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Seperti dikutip dari siaran pers BPJS Ketenagakerjaan yang diterima di Jakarta, Kamis, sebanyak 18 perusahaan telah bergabung untuk berdonasi melalui GN Lingkaran. Bank Sultra merupakan perusahaan ke-18, yang berpartisipasi menyalurkan dana CSR untuk 2000 pekerja rentan di wilayah Sulawesi Tenggara.

Komitmen kerja sama antara Bank Sultra dan BPJS Ketenagakerjaan untuk program GN Lingkaran dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani di Kendari, Rabu (7/12), disaksikan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Agus Susanto menjelaskan bahwa pemberian bantuan dana CSR ini merupakan salah satu upaya untuk melindungi pekerja rentan, sekaligus menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Donasi kepesertaan dari CSR Bank Sultra ini diberikan agar para pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang karena terlindungi. Seiring dengan peningkatan  penghasilan, nantinya mereka diharapkan melanjutkan kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri atas kesadaran sendiri," kata Agus.

Pekerja rentan merupakan para pekerja bukan penerima upah (BPU) yang belum mampu untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri karena keterbatasan penghasilan. Dari 80 juta pekerja BPU di Indonesia sebagian besar merupakan pekerja rentan, seperti petani, nelayan, pedagang kecil, pemulung, dan tukang ojek.

"Kami sangat berterima kasih kepada partisipasi Bank Sultra. Tentunya kami berharap perusahaan lain dapat mengikuti jejak Bank Sultra dalam memfasilitasi pekerja rentan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujar Agus.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016