Jakarta (ANTARA News) - Konflik di kantor kadang tak bisa dihindari. Berbeda pendapat tentu lumrah terjadi, apalagi dengan kolega yang sering bekerja dengan kita. Namun, akan jadi masalah  bila pertengkaran itu tidak terselesaikan karena bisa merembet ke ranah personal atau justru sebaliknya. 

Lantas, bagaimana cara menghadapi pertengkaran di tempat kerja?

Psikolog Klinis Dewasa Chandradewi Kusristanti menilai pertengkaran di tempat kerja harus dihadapi dengan kepala dingin. 

"Jangan sampai masalah personal mempengaruhi performa kerja kita," kata Chandradewi pada ANTARA News.

Jika ada masalah dengan salah satu rekan kerja, sampaikan hal itu dengan tenang dan bahasa santun. Jangan menyampaikannya dengan emosi negatif, seperti marah yang meledak-ledak.

Staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas YARSI itu menambahkan pentingnya mengontrol non verbal, seperti intonasi dan ekspresi wajah ketika menyampaikan masalah itu kepada kolega. 

"Penelitian menunjukkan bahwa sinyal non verbal lebih mempengaruhi seseorang memahami pesan yang disampaikan oleh lawan bicaranya," imbuh dia.

Jika segala hal yang membebani pikiran dikomunikasikan baik-baik, besar kemungkinan solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak akan terwujud.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016