Sorong (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pihaknya menyediakan pondok anak ceria di sembilan titik bagi anak korban gempa bumi yang terjadi di Aceh pada Rabu (7/12).

Menteri Khofifah Indar Parawansa saat kunjungan kerja di Sorong, Kamis, mengatakan pondok anak ceria tersebut guna penyembuhan trauma anak korban gempa.

Dia mengatakan bahwa pondok anak ceria bagi korban gempa Aceh tersebut dikoordinir oleh tim trauma healing dan trauma konseling Kemensos yang ditugaskan menangani korban gempa tersebut.

"Kami menurunkan tim trauma healing dan trauma konseling ke Aceh sebanyak 13 orang yang diketuai oleh Kak Seto pada Kamis (8/12) pagi," ujar Khofifah.

Menurut dia, akan menyusul pula tim trauma healing dan trauma konseling dari Bandung yang disesuaikan dengan jadwal penerbangan pesawat ke Aceh.

Pemerintah tidak hanya fokus pada pemberian bantuan santunan dan sejenisnya pasca gempa, tetapi juga fokus pada pemulihan psikologis korban terutama anak-anak agar mereka tidak mengalami stres maupun depresi.

"Besok pagi Sabtu (9/12) pesawat pertama saya terbang ke Aceh guna mengunjungi korban gempa. Saya akan mengunjungi Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen," ujarnya.

Mensos mengungkapkan bahwa kehadirannya di Aceh untuk menyampaikan ucapan belasungkawa sebagai pemerintah dan menyerahkan bantuan santunan kematian kepada ahli waris korban meninggal dunia.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016