Meureudu, Aceh (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa semua kementerian membantu korban gempa bumi 6,4 skala Richter (SR) di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, bahkan satu pesawat bantuan akan dikirim untuk para korban tersebut.

"Satu pesawat bantuan dari Bandara Halim Perdana Kusuma sudah disiapkan dan akan dikirim untuk korban gempa," kata Mendagri di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, Kamis.

Tjahjo Kumolo mengakui semua kementerian sudah mempersiapkan sejumlah bantuan untuk para korban gempa dan dalam waktu dekat ini bantuan tersebut akan disalurkan.

"Apapun buat masyarakat kita utamakan, Kemensos, Kemenkes, TNI dan BNPB sudah menyiapkan sejumlah bantuan untuk para korban," katanya lagi.

Meskipun dalam kondisi darurat selama 14 hari terhitung sejak terjadinya gempa, Rabu pagi, namun Mendagri berharap aktifitas pemerintahan terkait pelayanan terhadap masyarakat maupun korban gempa tetap harus berjalan normal.

"Meskipun sedang musibah pelayan terhadap korban gempa harus optimal," ujarnya.

Lebih lanjut Tjahjo Kulomo menambahkan Kementerian Pekerja Umum (PU) sudah menginventarisir sejumlah kerusakan akibat gempa bumi tersebut dan dalam waktu dekat ini kerusakan tersebut akan segera ditanggulangi.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016