Semarang (ANTARA News) - PT KAI, PT Pertamina dan Bank Jateng berpartisipasi saat acara diskusi panel "BUMN Menginspirasi 2016" yang digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Perum LKBN Antara di Semarang, Jateng, Kamis.

Dalam acara yang digelar di aula SMKN Jawa Tengah tersebut, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi IV Edi Kuswoyo memaparkan tentang tranformasi dan invovasi yang dilakukan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi tersebut pada beberapa tahun terakhir.

Menurut Edi tranformasi yang telah dilakukan antara lain penggunaan teknologi informasi untuk komunikasi, kebijakan satu kursi satu penumpang, antisipasi vadalisme, hingga penataan kawasan stasiun dan kereta api.

"Dulu penumpang sampai naik ke atap, sekarang tiap penupang pasti dapat tempat duduk," katanya dihadapan para siswa sekolah menengah kejuruan itu.

Transformasi, lanjut dia, didukung pula dengan berbagai inovasi untuk memudahkan penumpang.

Edi mencontohkan aplikasi telepon pintar yang memudahkan pemesanan serta pembelian tiket.

Selain itu, untuk menghilangkan antrean di loket juga telah disediakan mesin penjual tiket otomatis.

"Peremajaan kereta untuk kenyamanan penumpang serta sistem tiket untuk meminimalisasi calo dan tiket palsu," tuturnya.

Sementara Communication and Relations Officer PT Pertamina Marketing Operation Regional Jawa Bagian Tengah Muslim Dharmawan menyampaikan tentang peluang bagi para lulusan SMK untuk bekerja di perusahaan negara itu.

"Silakan aktif mencari informasi di dinas tenaga kerja. Kami selalu berkoordinasi dengan disnaker," ujarnya.

Muslim juga menjelaskan tentang konversi energi terbarukan, selain tugas untuk meningkatkan pasokan energi.

Beberapa upaya konversi energi yang selama ini sudah dilakukan, kata dia, misalnya peralihan dari minyak tanah ke LPG, optimalisasi energi panas bumi menjadi tenaga listruk, serta pengaturan BBM bersubsidi.

Adapun Bank Jateng yang diwakili oleh anggota Tim Komunikasi Pemasarannya, Septo Adi Purwoko menjelaskan tentang berbagai produk tabungan bank pemerintah daerah tersebut yang sesuai bagia pelajar.

"Bank Jateng memiliki tabungan Simpel yang hanya dengan minimal Rp5 ribu untuk setoran awal dan minimal Rp1.000 untuk setoran selanjutnya," ucapnya.

Ia mengungkapkan penarikan tabungan Bank Jateng bisa dilakukan di 516 mesin ATM yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk penarikan yang bisa dilakukan di ATM bersama.

Kegiatan "BUMN Menginspirasi" yang didukung oleh PT KAI, PT Pertamina, Bank Jateng, Jasa Raharja, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, serta sejumlah perusahaan itu dimaksudkan untuk mendekatkan mereka dengan SMKN Jateng sebagai pemasok tenaga kerja.

Pewarta: I.C.Senjaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016