Odessa, Ukraina (ANTARA News) - Jose Mourinho menantang Wayne Rooney untuk mencetak lebih banyak gol untuk Manchester United (MU) usai memuji penampilan Zlatan Ibrahimovic yang memiliki tingkat serangan sesuai dengan harapan klub pada musim ini.

MU yang baru mencetak 19 gol di Liga Utama Inggris akan menjamu Tottenham pada Minggu (11/12). Adapun Rooney gagal mencatatkan nama di papan skor pada pertandingan liga sejak pertandingan pembuka melawan Bournemouth.

Rooney yang juga menjabat kapten Timnas Inggris cuma membutuhkan satu gol untuk menyamai rekor sepanjang masa Sir Bobby Charlton sebanyak 249 gol untuk MU.

Rooney hanya mencetak tiga gol di semua kompetisi pada musim ini, sehingga Mourinho menantang pesepakbola 31 tahun itu agar menemukan kembali ketajamannya sekaligus meringankan beban kerja Ibrahimovic.

"Sebagai penyerang, biasanya dia (Rooney) mencetak gol lebih banyak," kata Mourinho dilansir dari ESPN, Jumat.

"Dia mencetak beberapa, saya kira di Fenerbahce dan satu di Liga Premier," lanjut dia. "Kami berharap lebih banyak gol dari dia, tapi kami berharap lebih banyak gol dari semua orang di tim."

"Mungkin Zlatan adalah salah satu, tapi sebagai striker utama itu wajar jika ia punya banyak gol. Tapi bagi semua pemain menyerang lainnya, kami berharap gol lebih banyak dari mereka," ujar bekas pelatih Chelsea dan Real Madrid itu.

Paceklik gol yang dialami Rooney bertepatan dengan ketidakpastian posisi yang ditepatinya di lapangan. Bekas manajer Inggris Roy Hodgson, Sam Allardyce dan Gareth Southgate menempatkan Rooney bukan sebagai penyerang, melainkan posisi gelandang yang bermain lebih ke dalam.

Kendati kerap dipasang sebagai gelandang di Timnas Inggris, Mourinho mengatakan, "Bersama saya, dia adalah pemain menyerang."

Di sisi lain, MU masih mengikuti empat kompetisi berbeda usai mengamankan tempat ke babak 32 besar Liga Europa dengan menekuk Zorya, Jumat dini hari WIB.

Mourinho mengatakan timnya memang telah membuat kemajuan, tetapi kurang banyak mencetak gol adalah hal utama yang harus diperbaiki tim.

"Kami bermain sangat, sangat baik, tetapi kita perlu lebih banyak gol," pungkas Mourinho.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016