Purwakarta (ANTARA News) - Ratusan masyarakat lintas agama di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengikuti doa bersama dan penggalangan dana untuk korban gempa bumi Aceh Darussalam, di Pendopo Bale Paseban Pemkab Purwakarta, Jumat.

"Ini bagian dari empati kami terhadap masyarakat Aceh, bukan hanya dari satu agama. Kami di sini lintas agama, semuanya bersatu atas nama solidaritas kemanusiaan, memanjatkan doa sesuai dengan keyakinan agama masing-masing," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi.

Solidaritas kemanusiaan yang dimaksud bupati ialah ajaran universal yang diajarkan oleh seluruh agama. Karena itu dirinya menggagas doa bersama yang dihadiri masyarakat Purwakarta dari agama yang berbeda-beda.

"Islam yang diajarkan oleh Rasulullah itulah ajaran kemanusiaan, membangun empati, hormat menghormati agar hubungan kita sebagai sesama manusia tetap terjaga," kata dia.

Selain doa bersama, dalam acara itu juga dilakukan penggalangan dana untuk korban bencana gempa Aceh.

Salah seorang tokoh Agama Budha Purwakarta, Banthe Yutiko mengapresiasi langkah yang diambil Pemkab Purwakarta dengan menggelar doa bersama tersebut.

Ia mengatakan, perkara kemanusiaan tidak harus dilihat dari latarbelakang agama atau golongan. Saat satu elemen bangsa mengalami kesulitan, maka sudah menjadi kewajiban elemen bangsa yang lain untuk membantu.

"Kita di sini berdoa, menggalang dana untuk korban bencana Aceh. Saya kira ini bagus, seluruh elemen bangsa bersatu di Purwakarta untuk membantu korban bencana Aceh," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016