Jakarta (ANTARA News) - Aston Martin mengumumkan akan kembali memproduksi mobil ikonik yang langka dan sulit dicari, Aston Martin DB4 GT 1959, sebanyak 25 unit mobil dengan spesifikasi ringan di pabrik Newport Pagnell.

Dibandingkan dengan DB4 standar, seri GT lebih pendek, lebih ringan dan lebih kuat dengan mesin 3,7-liter enam silinder segaris yang menjadikannya mobil sport Inggris tercepat pada zamannya.

Seri asli Aston Martin DB4 G.T dibangun antara 1959 dan 1963 dengan total produksi hanya 75 unit mobil dengan 8 model.

Setiap DB4 GT akan tetap menggunakan desain asli. Aston Martin Works akan menggunakan perpaduan "keahlian lama dengan teknik modern" demi menjaga kinerja mesin, penanganan, pengereman, keamanan, mempertahankan nuansa dan karakter asli mobil itu.

Nomor identifikasi kendaraan (Vehicle Identification Number/VIN) Aston Martin yang akan dibangun kembali akan meneruskan nomor dari produksi terakhir yaitu -chassis No. 0202R- demi memastikan mobil ini memiliki "keturunan yang tak terputus."

Mesin 3.7-liter enam silinder akan menghasilkan tenaga 340hp ke roda belakang melalui transmisi manual empat percepatan, dengan poros belakang yang menggunakan hosting slip differential yang terbatas.

Wheelbase mobil yang lebih pendek menandakan DB4 GT adalah mobil dua penumpang mengikuti konstruksi asli dengan panel body aluminium tipis di atas bingkai tubular. Model kelanjutan baru akan menggunakan teknologi digital guna meningkatkan akurasi.

Karena mobil baru akan ilegal digunakan di jalan umum, Aston Martin Works menyiapkan program mengemudi internasional selama dua tahun di trek terkenal di seluruh dunia, termasuk sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi yang melibatkan pengalaman dari instruktur, salah satunya Darren Turner.

"Ini menandakan luasnya kemampuan Aston Martin karena pada tahun yang sama kami juga meluncurkan DB11 - mobil 'DB' paling canggih yang pernah kami produksi - kami juga memulai petualangan dengan melanjutkan DB4 G.T," kata Andy Palmer Presiden dan CEO Aston Martin dilansir dari Carscoop, Sabtu.

Adapun 25 unit GTS sudah terjual habis. Aston Martin mengatakan pengiriman pertama akan dimulai pada kuartal ketiga 2017.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016