RKB tujuannya bagaimana membangkitkan usaha UMKM di Indonesia ..."
Solo (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang ada di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dipusatkan di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Rini Soemarno mengatakan, kegiatan meresmikan RKB baru di Jalan Adi Soemarmo Manahan Solo, itu menyusul kegiatan sejenis di berbagai daerah yang merupakan ide kreatif dari Bank BRI yang terus mendorong UMKM di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitasnya.

Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam, yang mendampingi Menteri BUMN, menyatakan bahwa RKB Bank BRI di Solo tersebut yang ke-17, dan sebelumnya tersebar di seluruh Indonesia, seperti di Yogyakarta, Gianyar, Mataram, Manado, Makassar, Bukittinggi, Serang, Jakarta, Tasikmalaya, Pekalongan, Sidoharjo, Banjar, Banda Aceh, Jayapura, Kendari dan Bandung.

Ia mengatakan bahwa sekarang ada terminologi baru di dalam pembinaan dan pengembangan UMKM di Indonesia, yakni rumah kreatif. RKB merupakan prakarsa dari Menteri BUMN yang meminta Bank BRI untuk membangun UMKM.

"RKB tujuannya bagaimana membangkitkan usaha UMKM di Indonesia, agar supaya tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tetapi juga bsia merambah ke pasar internasional," katanya.

Menurut dia, pihaknya dengan RKB mengajak para pengusahan UMKM untuk menjual produknya tidak hanya di pasaran lokal, tetapi juga ke mancanegara.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijorso menjelaskan bahwa Bank BRI berkomitmen untuk menciptakan RKB sebagai dukungan nyata sinergis BUMN menyiapkan wadah sebagai pusat edukasi, sarana pembinaan, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

Menurut dia, RKB di Solo melibatkan, antara lain Batik Canthing Solo, Batik Solo SYN, Batik Putra Laweyan dan sejumlah pelaku kerajinan ekonomi kreatif lainnya.

Menurut dia, usaha UMKM di RKB tersebut selain mendapatkan pembinaan dan pelatihan, juga langsung memasarkan produknya secara online melalui laman belanja Internet di blanja.com. Dengan pemanfaatan laman itu sebagai etalasi online, maka penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

"Jual produk melalui situs blanja.com memiliki jangkauan pemasaran produk lebih luas dan manajemen usaha efektif, sehingga dapat meningkatkan daya saing bukan hanya di lokal tetapi juga di mancanegara," kata Amijorso.

Rumah Kreatif BUMN yang diresmikan di Solo, memiliki empat ruangaan utama, yakni registrasi, konsultasi, pelatihan dan ruang display. Ruang registrasi digunakan untuk mendaftarkan dan analisis kompetensi UMKM.

Pada ruang tersebut, kata dia, dilengkapi demhgam perangkat komputer personal (PC) untuk mengakses situs rbk.id. Ruang konsultasi untuk UMKM dan proses digitalisasi prosuk, serta dilengkap perangkat PC dan televisi untuk mengakses situs blanja.com.

Bank BRI sebagai lembaga perbankan yang memiliki fokus bisnis pada sektor UMKM, dikemukakannya, memiki peran untuk menumbuhkan mental digital (digital mentality) pada para pelaku UMKM di Indonesia.

"Selain RKB, Bank BRI telah berkontribusi untuk mengembangkan digitalisasi UMKM, di antaranya, program satu juta domain gratis untuk UMKM dan peluncuran teras BRI Digital," katanya menambahkan.

Menteri BUMN Rini Soemarno setelah meresmikan RKB langsung melihat barang-barang produksi yang sudah masuk etalase di RKB, termasuk fashion, kerajinan ekonomi kreatif dan kerajinan tangan.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016