Merak (ANTARA News) - Arus kendaraan pada liburan panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, berjalan normal dan penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung lancar.

"Meskipun terjadi peningkatan arus kendaraan maupun penumpang, tetapi penyeberangan Merak-Bakauheni Lampung relatif normal," kata Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna di Merak, Minggu.

Arus kendaraan yang tiba di Pelabuhan Merak bisa diseberangkan langsung menuju Pelabuhan Bakauheni tanpa antrean panjang.

Kebanyakan warga yang menggunakan kendaraan untuk menikmati liburan panjang ke Pulau Sumatera dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Mereka mengisi liburan panjang tersebut untuk merayakan Maulud Nabi Muhammad SAW juga silaturahmi bersama anggota keluarga maupun mendatangi objek wisata.

Saat ini, penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung, berjalan lancar dengan dioperasikan delapan loket penjualan tiket e-ticket atau elektronika tiket.

Diperkirakan ribuan kendaraan pribadi dan truk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni sejak Sabtu (10/12).

"Kami menyiapkan kapal "roll on roll of" atau ro-ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni sebanyak 90 trip," ujarnya.

Menurut Nana, ASDP Merak memfokuskan pelayanan agar para penumpang yang ingin mengisi liburan panjang bisa terlayani dengan baik.

Pelayanan itu menjadikan komitmen ASDP untuk memberikan jasa penyeberangan hingga selamat sampai tujuan.

Untuk itu, pihaknya memperketat pengawasan kapal sehingga perjalanan penyeberangan mengutamakan keselamatan juga ketepatan kedatangan dan keberangkatan.

"Kami mengutamakan pelayanan kepada masyarakat yang memanfaatkan libur panjang itu," katanya.

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan melalui Pelabuhan Merak berjalan lancar sehingga penumpang yang ingin mengisi liburan panjang di Pulau Sumatera bisa langsung diseberangkan.

ASDP Merak mengoperasikan 27 kapal roro untuk melayani masyarakat yang hendak liburan panjang ke Pulau Sumatera.

"Kami minta kendaraan yang hendak menuju Pelabuhan Bakauheni agar tertib sehingga arus lalu lintas lancar," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016