Stockholm, Swedia (ANTARA News) - Bob Dylan, yang menjadi pemenang Hadiah Nobel Sastra 2016, akan mendatangi Swedia musim semi tahun depan untuk menggelar konser di Stockholm dan kota Lund, lapor media setempat seperti dikutip Xinhua.

Televisi Swedia, Senin, mengutip keterangan pelaksana konser yang mengatakan bahwa "sekarang sudah ada kejelasan bahwa Bob Dylan akan hadir di Swedia pada April," dan bahwa ia diharapkan menggelar dua konser, yaitu di Stockholm dan di Lund.

Namun menurut surat kabar Swedia, Aftonbladed, Yayasan Nobel mengatakan saat kunjungan Dylan ke Swedia, belum ada jadwal ceramah yang akan dilakukan musisi itu.

Yayasan Nobel mensyaratkan bahwa penerima hadiah Nobel memberikan ceramah paling lambat hingga enam bulan sejak 10 Desember.

"Kami sedang berkomunikasi dengan manajemen Bob Dyan soal ceramah Nobel, tapi belum ada keputusan soal (ceramahnya) dalam bentuk apa ataupun kapan akan diselenggarakan," kata Annika Pontikis dari Yayasan Nobel, seperti dikutip media.

Bob Dylan tidak hadir dalam upacara penyerahkan Hadiah Nobel di Stockholm pada Sabtu. Namun, karyanya "A hard rains a-gonna fall" ditampilkan. Selain itu, duta besar Amerika Serikat untuk Swedia Azita Raji hadir membacakan pidato berisi ucapan terima kasih yang ditulis Dylan.

Hadiah Nobel Sastra 2016 pada Oktober diumumkan dianugerahkan kepada Bob Dylan "atas karya-karya puitis baru dalam tradisi hebat lagu Amerika."

(T008)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016