Kadang-kadang sulit mengungkapkan yang saya rasakan, tapi di lubuk hati saya, ada kegembiraan yang luar biasa, karena saya telah bekerja keras untuk mencapai titik ini
Jakarta (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo melukiskan 2016 sebagai "tahun terbaik dalam karir saya" dan menyebut keberhasilan Portugal menjuarai Euro 2016 sebagai tonggak, setelah dia dinyatakan sebagai pemenang Ballon d'Or tahun ini.

Ronaldo merebut penghargaan perseorangan paling bergengsi dalam sepak bola untuk keempat kali setelah secara mutlak memenangkan suara mayoritas panel wartawan global yang diorganisasikan oleh majalah Prancis, France Football.

Itu menggarisbawahi pencapaian-pencapainnya bersama Real Madrid yang diinspirasi dia untuk memengkan trofi Liga Champions yang kesebelas atau yang kedua selama memperkuat raksasa La Liga itu, dan Portugal yang dia kapteni dari underdog menjadi juara Eropa.

"2016 tak diragukan lagi adalah tahun terbaik dalam karir saya, baik secara kolektif maupun individual," kata Ronaldo kepada France Football dalam rekaman video.  "Memenangkan sesuatu bersama dengan Portugal adalah yang tidak ada dalam CV saya. Itu adalah salah satu momen paling penting dalam hidup saya."

Dia menambahkan, "Perbedaan antara Real Madrid dan Portugal adalah Madrid pernah juara, itulah mengapa mereka memiliki 11 trofi Liga Champions. Portugal tak pernah memenangkan trofi besar."

Pemain berusia 31 tahun itu membandingkan Piala Eropa dengan trofi Liga Champions, dengan berkata, "Menjuarai Euro bersama Portugal adalah agak sedikit di atas itu," kata dia. "Perasaannya seperti saya mendapatkan Ballon d'Or pertama saya pada 2008. Ini istimewa. Singkatnya, ini adalah tahun yang tak terlupakan."

Ronaldo mendapatkan Ballon d'Or pertamanya pada 2008 saat masih bermain untuk Manchester United. Kemudian meraihnya lagi pada 2013 dan 2014 di Madrid.

"Untuk yang pertama emosinya selalu agak sedikit berbeda," kata dia. "Pada 2008, kegembiraannya luar biasa. Itu adalah perwujudan mimpi saya dan keluarga saya. Sebuah momen yang untuk pada usia 23, momen yang unik dalam hidup Anda."

"Yang saya rasakan hari ini seperti pada 2008 itu. Itu tugas saya, saya bekerja sebaik-baiknya, mengorbankan banyak hal untuk itu. Itulah mengapa hadiah ini begitu penting. Setiap waktu saya mendapatkan hadiah seperti ini saya berkata pada diri saya, 'Cristiano, itu sepadan dengan kerja bertahun-tahun, dengan mengorbankan semua hal, tak bekerja untuk yang kamu inginkan, melainkan demi sepak bola',"

"Kadang-kadang sulit mengungkapkan yang saya rasakan, tapi di lubuk hati saya, ada kegembiraan yang luar biasa, karena saya telah bekerja keras untuk mencapai titik ini," tutup Ronaldo dalam laman ESPN.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016