Jakarta (ANTARA News) – Rapper Saykoji ikut memeriahkan hari ulang tahun ke-39 BPJS Ketenagakerjaan dengan tampil dalam video flashmob.

Video yang mempresentasikan Nilai Budaya BPJS Ketenagakerjaan itu diunggah pada  Selasa 13 Desember 2016 di channel YouTube BPJS Ketenagakerjaan.

Video berdurasi 2 menit 57 dikemas dengan sangat unik, Saykoji kompak memperagakan dance flashmob diikuti empat karyawan BPJS Ketenagakerjaan, mengenakan seragam hitam. Pada Jumat malam video itu sudah di saksikan lebih dari 6.000 viewer.
 
Muhammad Tegar Eka Saputra, staff Divisi Human Capital selaku penggagas Video Nilai Budaya, menyatakan flashmob itu bertujuan ingin menyampaikan nilai budaya baru yang semula TOPAS (Team Work, Open Mind, Passion, Action, dan Sense) menjadi Iman – ETHIKA (Ekselen, Teladan, Harmoni, Integritas, Kepedulian dan Antusias) .

Tegar Eka Saputra menjelaskan kampanye nilai budaya baru lewat flashmob tujuannya agar seluruh karyawan bisa lebih cepat dan mudah untuk menjiwainya.

Makna Iman di gambarkan dengan gerakan membuka kedua telapak tangan lalu mempertemukannya di atas kepala.

Selanjutnya telapak diturunkan ke depan dada, jempol kanan di depan dada lalu didorong ke depan,  sebagai  cerminan dari Ekselen, sementara itu menggulung tangan ke arah badan sebagai lambang Teladan, dan genggam kedua telapak tangan di depan dada sebagai gambaran dari Harmoni.

Tepuk dada dengan tangan kanan dan posisi menghadap serong kanan digambarkan sebagai Integritas, dilanjutkan dengan telunjuk kanan di kepala tengok kiri kanan yaitu cerminan Kepedulian, dan gerakan Antusias dilakukan dengan lompat ke kanan dengan tangan kanan di angkat ke atas.

Beberapa karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang ditemui di Jakarta, Jumat,  mencoba untuk memperagakan gerakan sesuai yang ada di video.

“Saya bisa mengikuti gerakan dance Nilai Budaya,” ujar Budi Kiryanto karyawan Kanwil  Jateng & DIY.

“Gerakannya sangat emosional, kedepannya gerakan ini saya harap dapat dipraktikkan di cabang-cabang BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Ferly karyawan cabang Kelapa Gading.

Herlina, salah seorang peserta Training dan Magang Jurnalistik BPJS Ketenagakerjaan perwakilan Cabang Bekasi Kota pun memberikan komentar “liriknya mudah untuk diingat ya, udah gitu yang ngebawain kan Saykoji jadinya enak banget, pokoknya Saykoji is The Best.”

Video tersebut digagas oleh Divisi Human Capital bekerja sama dengan Alpha Plus Dancer untuk membuat gerakan Nilai Budaya sedangkan Saykoji dipercaya untuk lirik lagu dan musik.

Pengambilan video flasmob dilakukan hanya satu hari, jelas Ade Susanti salah satu talent dalam video.

Ia sangat antusias dan semangat memeriahkan HUT BPJS Ketenagakerjaan, dengan mengenakan jeans kodok ia menggerakkan kedua tangan ke atas ke bawah mengikut irama alunan musik.

Video tersebut akan diperagakan oleh seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 4.806 orang dari seluruh wilayah pada tanggal 17 Desember 2016 seiring perayaan HUT  yang bertema Unity Accros Generation 2016.


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016