Hoffenheim, Jerman (ANTARA News) - Borussia Dortmund berhasil menahan imbang TSG Hoffenheim dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-15 Bundesliga Jerman di Stadion Rhein-Neckar-Arena, Hoffenheim, Jerman, Sabtu dini hari WIB.

Dortmund meraih hasil tersebut meski harus tampil dengan 10 pemain sejak menit 41 saat Marco Reus diusir wasit Benjamin Brand dari lapangan.

Mark Uth lebih dulu membawa tuan rumah unggul setelah berhasil memanfaatkan keteledoran barisan pertahanan Dortmund dan menerima umpan terobosan dari Benjamin Huebner sebelum mengecoh penjaga gawang Roman Weidenfeller dan melakukan penyelesaian dengan tenang ke gawang yang tak bertuan.

Meski demikian keunggulan itu hanya bertahan sejenak, sebelum Mario Goetze menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan melepaskan tendangan sentuhan pertama menyambut bola sodoran Ousmane Dembele pada menit 11.

Tim besutan Julian Nagelsmann lantas merebut kembali keunggulan pada menit 20 memanfaatkan situasi sepak pojok yang berhasil dibelokkan Huebner dengan kepalanya ke area tiang jauh sebelum ditanduk Sandro Wagner demi memastikan bola masuk ke dalam gawang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1 bagi tuan rumah.

Di tengah upaya Dortmund mengejar ketertinggalan, Reus justru diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Brand yang menilai ia melakukan pelanggaran terhadap Nadiem Amiri.

Hoffenheim memulai babak kedua dengan meyakinkan, namun sepakan Wagner pada menit 48 ditolak oleh tiang gawang.

Hal itu seolah menjadi pertanda buruk bagi tuan rumah, sebab hanya sesaat berselang, masih pada menit yang sama, Dortmund berhasil menyamakan kedudukan lewat Pierre-Emerick Aubameyang yang menyambut umpan kiriman Dembele dengan sebuah tendangan ungkit yang melewati kepala penjaga gawang Oliver Baumann.

Tuan rumah berusaha kembali meraih keunggulan, namun sejumlah peluang yang mereka peroleh tak membuahkan hasil, termasuk percobaan tembakan Andrej Kramaric pada menit 90 yang mampu diselamatkan gemilang oleh Weidenfeller.

Hasil itu membuat Hoffenheim menjaga catatan tak terkalahkan mereka di Bundesliga musim ini dan untuk sementara naik ke peringkat ketiga klasemen dengan raihan 27 poin, sedangkan Dortmund (26) gagal memanfaatkan peluang untuk menembus tiga besar.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Bundesliga Jerman:

TSG Hoffenheim (3-1-4-2): Oliver Baumann (PG); Niklas Suele, Kevin Vogt, Benjamin Huebner; Sebastian Rudy; Pavel Kaderabek, Nadiem Amiri, Kerem Demirbay (Baris Atik), Jeremy Toulalan; Sandro Wagner, Mark Uth (Andrej Kramaric)
Pelatih: Julian Nagelsmann

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Roman Weidenfeller (PG); Matthias Ginter, Sven Bender, Marc Bartra, Marcel Schmelzer; Julian Weigl; Christian Pulisic (Adrian Ramos), Ousmane Dembele (Emre Mor), Mario Goetze, Marco Reus; Pierre-Emerick Aubameyang (Mikel Merino)
Pelatih: Thomas Tuchel

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016