Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menyerahkan 152 penghargaan di bidang industri sebagai pemberian apresiasi dan pemacu motivasi kepada pihak-pihak yang berperan memajukan industri nasional.

"Makna penghargaan ini berarti industri sudah setara dengan industri di negara-negara lain, dari segi proses produksi, dari segi efisiensi, teknologi dan kemampuan daya saing," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa.

Penghargaan bidang industri 2016 terdiri dari Anugerah Cinta Karya Bangsa, Industri Hijau dan Rintisan Teknologi Industri.

Melalui Anugerah Cinta Karya Bangsa, Airlangga berharap dapat menumbuhkan komitmen semua pihak untuk senantiasa meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Sehingga, mendorong pelaku industri nasional agar terus memacu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), memperkuat basis produk nasional agar mampu bersaing di pasar dalam negeri dan menjadi prioritas bagi belanja pemerintah dan dunia usaha.

Kemudian, Penghargaan Industri Hijau diharapkan dapat lebih memotivasi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, baik bahan baku maupun energi.

"Sedangkan, Penghargaan Rintisan Teknologi Industri ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah karena mengakui keberadaan mereka sebagai yang terdepan dalam inovasi dan penguasaan teknologi di Tanah Air," ujar Airlangga.

Untuk kategori Kementerian/Lembaga, peringkat pertama diraih Kementerian Kesehatan; kategori BUMN, peringkat pertama diraih PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Bali; dan kategori PTN Bahan Hukum, peringkat pertama diserahkan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selain itu, kategori Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi, peringkat pertama diberikan kepada Provinsi Jawa Timur dan kategori Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten/Kota, peringkat pertama adalah Kabupaten Sleman.

Kemudian, penghargaan industri hijau bersifat sukarela, di mana dalam kurun waktu tujuh tahun penyelenggaraan, jumlah perusahaan industri yang mengikuti setiap tahunnya terus bertambah.

Sementara itu, penghargaan Rintisan Teknologi diberikan kepada delapan perusahaan, yakni PT Utomodeck, PT Pura Barutama, PT Rekayasa Industri, PT Cappa Carrageenan Nusantara, PT Aimtopindo, UD Hari Mukti Teknik, PT Kerta Laksana dan PT Juragan Kapal Indonesia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016