Pekanbaru (ANTARA News) - Kepala Biro LKBN Antara Kepulauan Riau, Evy Ratnawati Syamsir, mendapat Anugerah Baiduri dari Perempuan Riau Bersatu Foundation sebagai Jurnalis Perempuan Nasional Pertama dari Provinsi Riau .

"Sudah 23 tahun saya berkecimpung di dunia jurnalistik, dan 20 tahunnya di LKBN Antara," ujar Evy di Pekanbaru, Selasa.

Evy, begitu ia kerap disapa, tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut karena sudah lama tidak tinggal di Riau, sebab saat ini sedang menjabat sebagai Kepala Biro LKBN Antara Kepulauan Riau.

Wanita kelahiran Bengkais ini juga merupakan satu-satunya Kepala Biro Antara yang berjenis kelamin perempuan di Indonesia.

"Dulu perempuan masih jarang yang menjadi jurnalis, kalaupun ada untuk ditugaskan di area perkotaan saja," ujarnya.

Lebih lanjut ia bercerita bahwa dulu ia sempat terjun ke tengah hutan, dan tengah laut bersama jurnalis laki-laki lainnya utnuk meliput berita, ini merupakan pengalaman yang menarik baginya.

Evy juga menyebutkan bahwa seorang jurnalis perempuan harus tetap berani terjun ke lapangan, karena tidak ada perbedaan dengan jurnalis laki-laki.

Melihat banyaknya jurnalis perempuan saat ini, Evy turut bahagia serta berharap agar para jurnalis tetap semangat dan berani dalam menyampaikan peristiwa yang aktual dan faktual kepada masyarakat.

Pewarta: Fazar Muhardi dan Gebby Fadhila Sari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016